Polres Belu Buka Puasa Bersama Tokoh Lintas Agama dan Masyarakat

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resort (Polres) Belu gelar buka puasa bersama tokoh lintas agama serta seluruh masyarakat Kabupaten Belu bertempat di halaman Mapolres lama, Kamis (22/6/2017) Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Acara buka puasa bersama dengan tajuk kebersamaan itu indah, keberagaman itu anugerah bulan ramadhan penuh berkah dihadiri Kapolres Belu, Bupati Belu, Dandim 1605/Belu, Danyon Raidersus 744/SYB, Dansatgas Pamtas Sektor Timur Yonif Raider 712/WT, Dansub POM Atambua, Danki Brimob Atambua, Kalapas Atambua, Ketua PN Atambua, Ketua MUI, Romo Yoris Giri, Pr, para Suster, Pendeta, para pengusaha, Kompas Atambua, tokoh ulama Muslim serta tamu undangan lainnya.

Bupati Belu, Willybrodus Lay dalam sambutan mengemukakan, buka puasa bersama ini kebhinekaan di rai Belu. Oleh karena itu mari seluruh umat lintas agama kita menjaga tali persaudaraan yang telah terjalin dengan baik selama ini agar tetap harmonis.

“Mari kita jaga tali persaudaraan kita dan ini menjadi model dari tepian negeri Belu untuk seluruh daerah lain di Indonesia,” ajak Lay.

Dikatakan, ide buka puasa bersama umat muslim dan seluruh umat lintas agama oleh Kapolres Belu sangat luar biasa, karena itu atas nama masyarakat Pemkab Belu menyampaikan apresiasi. Semoga dengan kebersamaan kita yang beragam ini, kita semua diberikan berkat agar keharmonisan tetap terjalin dan terjaga dengan baik.

Sementara itu Kapolres Belu, AKBP Yandri Irsan menuturkan, kegiatan sore hari ini buka puasa bersama sekaligus kita membangun silaturahmi dan kebersamaan lintas umat agama di wilayah perbatasan Belu.

Baca : Wujud Toleransi, Pastor, Suster dan Umat Lintas Agama Belu-Malaka Buka Puasa Bersama

“Kita melibatkan semua unsur yang ada dan kita juga undang seluruh elemen masyarakat yang ada dan terutama itu kita bersyukur yang hadir ini hampir seluruh hadir,” ujar dia.

Lanjut Yandri, kegiatan ini merupakan momentum bagi kami aparat keamanan baik Polri maupun TNI yang bertugas di wilayah perbatasan. Terutama bagi umat lintas agama, dimana kita dapat bekerja sama membangun kebersamaan menciptakan keindahan sehingga situasi kamtibmas di wilayah Belu termasuk Malaka tetap terpelihara. “Syukur kondisi sampai saat ini di Belu dan Malaka wilayah hukum Polres Belu secara umum kita kondusif,” terang Yandri.

Lanjut dia, aggota kita gelar di lapangan sampai operasi selesai dan juga kita akan penebalan personel di Malaka, nanti tanggal 24 akan kita geser personel dari Polres Belu sebanyak satu pleton yang dipimpin langsung Wakapolres.

Kesempatan itu Tokoh Agama Katolik, Romo Yoris Giri, Pr menyampaikan, kita satu ciptaan yang sama dan kita harus bersyukur kita menyembah Allah satu yang sama meski dengan cara kita yang berbeda-beda. Kegiatan buka puasa bersama yang digelar Polres Belu ini merupakan hal positif bagi seluruh umat lintas agama.

“Ini adalah wujud kerukunan umat bergama di Belu, warna Indonesia dan kita pancasila di dalam bhineka tunggal ika. Keberagaman itu anugerah, kebersamaan kita ini indah dan warna untuk Indonesia dari perbatasan Belu,” ucap dia.

Akhir kegiatan buka puasa bersama, Polres Belu memberikan santunan berupa paket sembako dan bingkisan kepada beberapa panti asuhan seperti, panti asuhan bina bunga bangsa, pondok pesantren almujahirin, pusat rehabilitas hidup baru, warakabudi, yayasan bhakti luhur, taman pendidikan alquran, anak-anak yatim piatu dan kaum dhuafa serta para pengasuh panti asuhan dan pondok pesantren yang berada di wilayah perbatasan Belu.