50.000 Sembako untuk Dhuafa dari Zakat Pegawai PLN

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – PLN kembali berbagi kebahagiaan memuliakan kaum dhuafa di bulan suci nan berkah dengan memberikan 50.000 paket sembako secara serentak se-Nusantara (31/5). Kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) PLN dan PLN Peduli (CSR PLN) ini diantaranya membagikan 15.000 paket sembako untuk 15 wilayah di Jabodetabek dan 35.000 paket sembako lainnya yang dibagikan oleh seluruh unit Lazis PLN se-Indonesia kepada masyarakat dhuafa.

Menurut rilis PLN yang diterima media ini di Kupang, Rabu (31/5/2017) menyebutkan, seluruh paket sembako ini berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia melalui kebijakan Direksi yang memfasilitasi pemotongan zakat dari penghasilan pegawai secara otomatis terpusat (automatic payroll system) dan sebagian dari dana PLN Peduli.

Adapun paket sembako yang dibagikan masing-masing berisi 10 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, 1 bungkus kecap manis 600 gram, setengah dus mie instan, dengan harga rata-rata sembako adalah Rp 250.000 per paket ditambah uang tunai Rp 50.000 per orang. Dengan begitu, total yang digelontorkan oleh PLN melalui dana zakat pegawai muslim PLN dan PLN Peduli adalah sebesar Rp 15 miliar.

Di Provinsi NTT

Berbagi Bareng Dhuafa – 50.000 Paket Sembako. Khusus di Provinsi NTT sendiri, terdapat 515 paket sembako yang serentak dilakukan di beberapa lokasi sebagai berikut :
1. Masjid Nurul Hidayah, Jl. Timor Raya, Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
2 Masjid Agung Al-Ghuraba Baiturrahman, Jl Imam Bonjol Kel. Kisanata Bajawa
3. Kantor PLN Kalabahi
4. Masjid Al ikhlas di alak
5. Masjid Potulando dan Masjid Paupanda di Ende.

Selain memberikan bantuan sembako, Lazis PLN NTT juga memberikan bantuan perbaikan tempat wudhu dan selasar Masjid Nurul Hidayah sebesar Rp 15.000.000,- dan Beasantri Tahfidz Qur’an Hidayatullah sebesar Rp 1.500.000,-. Ketua Lazis PLN Wilayah NTT Anwar menghadiri di Masjid Nurul Hidayah Kota Kupang. Sementara di unit pelaksana di daerah-daerah dihadiri Manajer Area ataupun manajer Rayon ditiap daerahnya.

Dalam sambutannya, Anwar mengucap syukur Alhamdulillah bahwa PLN telah berbagi kebahagiaan dengan memberikan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. “Perlu kami sampaikan bahwa sumber dana program ini berasal dari dana zakat  pegawai PLN seluruh Indonesia yang dipotong  secara  otomatis 2,5% dari penghasilan setiap  bulannya serta sebagian dari dana PLN Peduli. Semoga bantuan ini mampu memberikan kebahagian kepada warga yang menerimanya,” ungkap Anwar.

“Pembagian sembako ini sejatinya agar PLN mendapatkan doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia demi kelancaran pembangunan kelistrikan di Tanah Air. Tahun lalu, kita bagi 35.000 paket sembako, sekarang kita tambah lagi menjadi 50.000 paket. Ini bukti keberkahan untuk PLN dan kita ingin berbagi dengan masyarakat,” jelas Anwar.

Salah satu penerima manfaat mengungkapkan rasa syukurnya atas pemberian sembako dari PLN di bulan Ramadhan ini. “Terima kasih buat PLN NTT, semoga program ini terus berlanjut hingga tahun depan agar bisa membantu orang seperti kami,” kata Karmila Nurdin warga kelapa lima.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Pengurus Masjid Nurul Hidayah, Muhammad Dayman Ahmad mengucapkan terima kasih kepada PLN. “Terima kasih kepada pimpinan PLN NTT yang telah membantu melalui program ini, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut. Semoga PLN makin maju sehingga dapat membantu masjid-masjid yang lain”, Ujar Muhammad.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian program LAZIS PLN dengan tema “Bahagia Milik Bersama” Ramadhan 1438 H di lingkungan PLN yang juga diikuti dengan program lainnya seperti Berbagi Bareng Anak Yatim (santunan untuk 10.000 anak yatim), Senyum Bareng Guru Ngaji (santunan untuk 1.000 Ustadz) dan Buka Puasa Bareng 10.0000 Dhuafa dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan utama kaum dhuafa se-Indonesia.