Warga Minta Aparat Data Ulang Raskin

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Sejumlah warga penerima Raskin di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur mengeluh karna nama mereka yang berhak menerima Raskin telah dihapus dari daftar, sedangkan orang yang mampu tercatat namanya dalam daftar penerima Raskin.

“Kami warga minta kepada pihak aparat segera melakukan pendataan ulang penerima Raskin karna nama yang terdaftar tidak sesuai dengan kriteria orang miskin yang betul-betul penerima manfaat,” tandas Mursahni seorang warga kota Waingapu yang ditemui Rabu (24/5/2017).

Menurut Mursini, pendataan ulang perlu dilakukan karna sangat disayangkan masih ada pihak aparat yang melakukan pendataan pilih kasih, padahal beras Raskin program pemerintah yang harus diberikan kepada orang yang betul-betul miskin.

Baca : Program Nawacita, Sumba Timur Dijadikan SKPT

“Seharusnya mereka aparat bersama RT/RW turun langsung pendataan ulang dari rumah ke rumah bukan asal asalan pake data lama karna mereka anggap ada hubungan keluarga, biar orangnya mampu dimasukan saja dalam daftar penerima Raskin, kasihan kan orang miskin yang berhak dapat dihilangkan,”ujarnya.

Hal senada dikatakan seorang pemerhati warga Sumba Arieston U Wanda, keluhan terus berdatangan dari warga miskin yang hilang nama mereka dari daftar penerima Raskin ternyata yang muncul nama penerima Raskin adalah orang yang masih mampu mencari nafkah sedangkan orang yang miskin, janda atau tidak memliki pekerjaan itu yang di coret, “Ini sangat disayangkan, maka perlu didata ulang,”ungkapnya.

Dia beraharap pemerintah daerah (Pemda) perlu perhatian serius, karna data penerima Raskin itu adalah orang-orang yang miskin dan tidak berdaya bukan orang yang mampu yang menerima Raskin “Jika ini tidak dilakukan data ulang maka Pemda dianggap tidak perhatikan warganya yang betul-betul miskin,”pungkasnya.