DPD Gerindra NTT Ambilalih Pendaftaran Pilkada Ende

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra NTT terpaksa mengambilalih tahapan pendaftaran pilkada Ende setelah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ende tidak mengindahkan instruksi yang diberikan untuk memperpanjang masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Ende 2018.

Penegasan ini disampaikan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra NTT, Kasintus Proklamasi Ebu Tho kepada wartawan di Kupang, Selasa (9/5/2017).

Maxi, demikian Kasintus Ebu Tho biasa disapa menjelaskan, DPC Gerindra Ende telah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. Namun waktu pendaftaran terlalu singkat, hanya tiga hari. Apalagi waktu pendaftaran dipilih pada hari yang sangat terjepit yakni Kamis sampai Sabtu.

Dengan demikian hanya dua calon yang mendaftar, yakni Marsel Petu dan Don Wangge. Sehingga ketika ada yang hendak mendaftar pada Senin, tidak lagi diterima dengan alasan pendaftaran sudah ditutup.

Mengingat animo masyarakat terutama yang hendak maju dalam bursa suksesi pilkada Ende 2018 dengan menjadikan Gerindra sebagai kendaraan politik, lanjut Koordinator Daerah (Korda) Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka ini, DPD mengeluarkan instruksi. Isinya memerintahkan DPC Gerindra Ende untuk memperpanjang masa pendaftaran.

Baca : Organda Diminta Bangun Mitra Dengan Pengusaha dan Pemerintah

“Kita sangat sesalkan karena DPC Gerindra NTT tidak merespon instruksi DPD dengan tetap berpedoman pada sikap yang telah diambil,” kata Maxi.

Maxi yang juga Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan Umum DPRD NTT ini menyampaikan, sikap yang diambil DPC Gerindra Ende tidak sesuai dengan prinsip partai untuk membuka kesempatan seluas- luasnya kepada masyarakat, terutama mereka yang ingin menjadikan Gerindra sebagai kendaraan politik pada pilkada bupati 2018 mendatang. Untuk menjaga prinsip itu dan setelah berdiskusi dengan Ketua DPD Gerindra NTT, khusus untuk Ende pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dibuka di DPD.

“Bagi masyarakat yang berminat menjadi bupati dan atau wakil bupati Ende dengan menjadikan Gerindra sebagai kendaraan politik, bisa langsung mendaftar di DPD Gerindra NTT,” ungkap Maxi.

Dia menambahkan, setelah DPD mengambil-alih pendaftaran, Klemens Meba telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Ende. Bahkan beliau pun sudah menyerahkan sejumlah dokumen yang dipersyaratkan. Tinggal saja dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diproses sesuai mekanisme partai.

Kepala Sekretariat DPD Gerindra NTT, Petrus Nalle mengatakan, DPC Gerindra di 10 kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak, sudah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati.

Selanjutnya berkas para bakal calon yang telah mendaftar itu, diserahkan ke DPD untuk diproses lebih lanjut sesuai mekanisme partai. Walaupun DPD sudah ambilalih pendaftaran untuk pilkada Ende, tapi DPC setempat tetap mengirim berkas untuk mereka yang sudah mendaftar pada kesempatan sebelumnya.