KPU: Belum Ada Pasangan Calon Walikota Yang Masukan Materi Kampanye Media

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejak dimulainya Kampanye Media, bagi Pasangan Calon Walikota dan wakil Walikota Kupang, sejak 29 Januari Lalu, Hingga tanggal 31 Januari 2017, belum ada satupun dari dua pasangan calon Walikota dan wakil walikota, Baik itu Paket Sahabat (Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus) dan Paket FirmanMu (Jefri Riwu Kore-Hermanus Man) yang memasukan materi kampanye media ke Pihak KPU Kota Kupang.

“Dalam dua hari ini kami menunggu materi kampanye yang disampaikan oleh setiap paslon, tapi hingga saat ini belum satupun materi kampanye media yang disampaikan ke KPU,” Anggota KPU Kota Kupang, Lodowik Fredik kepada wartawan di Kupang, Selasa (31/1/2017).

Baca : 85 Persen Pemilih Ditargetkan Ikut Pilkada Kota Kupang

menurut Lodowik, Mekanisme kampanye media untuk pasangan calon walikota sesuai PKPU nomor 8 Tahun 2016. Setiap paslon yang menyiapkan sendiri materi kampanye, untuk dikampanyekan lewat media. Pihak KPU hanya menjalin kerjasama dengan media-media yang mempublikasi kampanye tersebut, lewat medianya masing.

Dikatakan, setiap pasangan calon dilarang melakukan kampanye diluar media yang ditunjuk oleh KPU, karena sesuai PKPU nomor 8, pihak paslon akan mendapat peringatan dari Panwaslu jika menggunakan media diluar dari yang ditetapkan oleh KPU, sedangkan media yang berani menyiarkan kampanye paslon tertentu diluar ketetapan KPU, maka diberi peringatan oleh Komisi penyiaran.

Dikatakan, dalam kampanye media untuk paslon walikota, pihak KPU telah menjalin kerjasama, dengan beberapa media, seperti media cetak, TV, radio dan online.