Putra Kenari FC Raih Juara Empat Singa Cup di Singapura

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Putra Kenari FC asal Kabupaten Alor yang mewakili Indonesia untuk mengikuti turnamen Singa Cup di Singapura pada 7- 11 November berhasil meraih juara empat setelah gagal adu pinalti melawan kesebelasan Thailand (5-4) dimana pada waktu normal 2×45 menit dan perpanjangan waktu kedua kesebelasan usia 16 tahun (U-16) ini bermain imbang (0- 0) tanpa gol.

Pelatih Kepala Putra Kenari FC, Arifin Panara menyampaikan ini kepada Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno di ruang kerja ketua dewan, Senin (14/11/2016).

Arifin menjelaskan, Putra Kenari FC, hasil binaan sekolah sepak bola (SSB) Putra Kenari, ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mewakili Indonesia mengikuti turnamen internasional sepak bola U-16 Singa Cup di Singapura.

Turnamen itu diikuti tujuh negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Australia, dan Vietnamm. Selain itu ada sekolah sepak bola antara lain Real Madrid, Manchester United, Boca Junior, dan AC Milan.

Jumlah kesebelasan yang ikut turnamen internasional itu, kata dia, sebanyak 15 kesebelasan. Walau kontingen Putra Kenari FC semuanya merupakan putera daerah Alor, mulai dari pelatih, official sampai pemain, namun bisa memberi hasil yang sangat memuaskan yakni tampil sebagai juara empat.

Baca: Pemain Putra Kenari FC Terpilih Sekolah Bola di MU

“Prestasi yang diraih Putra Kenari FC ini menunjukkan, NTT bisa dan sanggup bersaing di kancah nasional maupun internasional. Fokus perhatian ke depan adalah pembinaan kepada anak- anak usia muda. Pembinaan pun harus dilakukan secara terprogram, terukur, dan profesional,” kata Arifin.

Pada kesempatan itu, dia mengajak semua pihak untuk memajukan sepak bola NTT. Untuk menghasilkan sebuah tim yang profesional, harus hindari konflik. Begitupun, dalam menetapkan pemain, pelatih dan official, harus menggunakan data yang valid, bukan pada asumsi. Misalkan, untuk menjadi seorang pelatih, harus memiliki sertifikat.

Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno memberi apresiasi kepada Putra Kenari FC yang sudah mengharumkan NTT di kancah internasional mewakili Indonesia di kancah internasional pada ivent Singa Cup di Singapura.

Diharapkan, pada tahun- tahun mendatang, prestasi yag diraih lebih meningkat dari saat ini dan koordinasi dengan pemerintahan provinsi pun harus dijalankan. Sehingga ada komitmen atau kebijakan yang dapat diambil Pemerintah NTT terkait pengiriman dan pemberangkatan tim.

“Sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan penyelenggaraan Sekolah Bola Putra Kenari, beberapa teman akan memberikan bantuan secara pribadi,” ujar Anwar.

Wakil Ketua DPRD NTT, Gabriel Kusuma Beri Bina menyampaikan, prestasi yang diraih Putra Kenari FC merupakan sesuatu yang luar biasa, karena mampu bersaing di ajang internasional. Apalagi, Singa Cup merupakan turnamen bergengsi yang diikuti negara- negara ASEAN dan Australia serta disertifikasi oleh FIVA.

“Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap prestasi yang diraih, saya secara pribadi menyumbang Rp5 juta kepada Putra Kenari FC,” kata Beri Bina.