Satgas Yonif Raider 641 Berikan Pengobatan Gratis Bagi Warga Silawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Ratusan 148 warga Desa Silawan yang berada di garis batas Negara Indonesia dan Timor Leste mendapat pelayanan kesehatan secara gratis dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/Beruang.

Kegiatan pengobatan gratis kerja sama TNI Yonif Raider 641 asal Kalimantan Barat dengan Puskesmas Silawan bertempat di halaman Pos Mota’ain II kuburan, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat, Sabtu (8/10/2016).

Dansatgas Yonif Raider 641/Beruang, Letkol (Inf) Wisnu Herlambang kepada NTTOnlinenow.com mengatakan, pelaksanaan pengobatan gratis ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI kepada masyarakat diwilayah perbatasan, khususnya di Atambua.

Baca Juga : Nasib 1036 Guru Honor SMA/SMK Yang dibiayai Komite Tidak Jelas

“Selain pelayanan kesehatan gratis hari ini, kita juga menyerahkan 1000 bibit anakan ubi ungu untuk warga perbatasan Silawan,” ujar Herlambang.

Menurut dia, dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat, kita ingin mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, dengan cara berikan bantuan bagi masyarakat di daerah, dibidang kesehatan dan ketahanan pangan.

Dijelaskan, di tengah situasi ekonomi seperti saat ini, tentunya menimbulkan pengaruh yang tidak sedikit bagi perekonomian masyarakat, sebab akan semakin banyak masyarakat yang mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan.

“Melalui kegiatan ini dapat membantu meringankan beban bagi pihak yang membutuhkannya,” ucap dia.

Baca Juga : Baca Juga : Pemkot Kupang Gratiskan PBB

Herlambang mengajak, semua pihak agar kegiatan pengobatan ini dijadikan sebagai moment untuk senantiasa melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan secara teratur dan berkelanjutan dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Diharapkan, kegiatan ini juga dapat meningkatkan dukungan moril bagi sesama. Sehingga tujuan pelaksanaan kegiatan yang bertujuan untuk mendorong Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar sehingga mencapai hasil yang optimal,” tutur Herlambang.

Kepala Puskesmas Silawan, Agust Lopez menambahkan, warga Silawan sangat antusias dalam pengobatan gratis. Berdasarkan data medis tercatat 148 warga baik orang dewasa maupun anak-anak yang mendapat pelayanan kesehatan tersebut.

Adapun penyakit hasil diagnosa media diantaranya, myalgia, ispa, kulit alergi, kulit infeksi, hepertensi, faringitis, gastritis, cepalgia, OA dan utikaria.