Keluarga Besar Sumba Nyatakan Sikap Dukung Paket Sahabat

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Ikatan Keluarga Asal Sumba (IKAS) uyang merupakan perhimpunan keluarga sumba dari Empat Kabupaten di Pulau Sumba, yang berada di Kota Kupang, menyatakan sikapnya mendukung paket Sahabat (Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus) dalam pemilihan walikota (Pilwalkot) Kota Kupang tahun 2017 mendatang.

Pernyataan dukungan terhadap paket sahabat dilangsungkan Sabtu (01/10/2016) di kediaman dari Ketua IKAS Kupang, Frans Umbu Data. Pernyataan sikap mendukung Paket sahabat ditandai dengan membacakan pernyataan sikap yang dibacakan salah satu pengurus IKAS, Jack Manubulu dihadapan ratusan warga IKAS, pernyataan sikap itu juga ditandai dengan penyembelihan seekor Babi sebagai tanda dukungan masyarakat Ikas. Penyembelihan itu dilakukan oleh perwakilan penurus IKAS dari empat Kabupaten yaitu, Kabupaten, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Ketua IKAS, Frans Umbu Data, dalam pesan mengatakan, alasan IKAS mendukung paket Sahabat, karena Calon Walikota Jonas Salean merupakan bagian dari keluarga bekas IKAS sehingga IKAS harus mendukungnya. Selain itu, bukan karena keluarga IKAS mau mendukung Paket Sahabat, tetap sejak memimpin Kota Kupang sejak tahun 2012 lalu, Jonas Salean dianggap mampu membawa perubahan bagi Kota Kupang, terutama infrastruktur jalan, dan penataan Kota. Bukan cuma itu saja, kata Umbu Data, Jonas Salean juga dinilai sebagai pemimpin yang bijaksana dan mampu membuat Kota Kupang yang aman tentram dan menjadi Kota percontohan kerukunan umat beragama di Indonesia.

“Jonas Salean sudah diakui sebagai keluarga dan bagian dari IKAS sejak dulu. Kedatangan bukan sekedar kunjungan melapor kepada keluarga soal program kerja selama empat tahun dan meminta dukungan dari sanak saudaranya. Melanjutkan pembangunan bukan hal yang mudah, sehingga butuh dukungan semua kelaurga terutama masyarakat sumba yang tergabung dalam IKAS. Kalau dulu orang sumba mendukung bungkusan yang bernama paket Salam, setelah salam-salaman sekian lama, pak Jonas datang lagi dengan membawa bungkusan bernama Sahabat. Keluarga Sumba yang tergabung dalam IKAS akan membuka pintu jendela untuk mendukung Paket Sahabat,” Ujarnya.

Baca Juga : Mendaftar di KPU, Paket Sahabat Diarak Ribuan Massa Pendukung

Sementara itu, Jonas Salean dalam sambutannya, mengaku sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat IKAS, karena sejak pilkada tahun 2007 lalu, keluarga besar IKAS selalu berada dibelakang dan mendukungnya.

“Sejak tahun pilwalkot tahun 2007, keluarga IKAS sudah mendukung saya namun kala itu kami gagal. Kemudian di pilwalkot tahun 2012 keluarga IKAS masih setia mendukung saya dan kami menang. Dan pada keikutsertaan yang ketiga dalam pilwalkot, IKAS kembali mendukung saya, dan saya merasa ini suatu kehormatan yang diberikan kepada saya sebagai bagian dari Keluarga IKAS!” Ujar Jonas.

Pada kesempatan itu, Jonas Juga mengaku, sesuai amanat IKAS sebelumnya, sejak memimpin Kota Kupang empat tahun terakhir, dirinya sudah banyak berbuat bagi masyarakat terutama program-program yang membantu masyarakat miskin. Selain itu sarana infrastruktur juga sudah dibenahi dan masih butuh waktu untuk pembenahan secara keselurahan, karena keterbatasan dana.

“Sebagai manusia ada kekurangan, tapi akan selalu berbuat terbaik dan tidak tipu rakyat. Keterbatasan dana yang membuat pembangunan terhambat tapi akan diupayakan sebelum masa jabatan habis semua akan dibenahi sambil mempersiapkan program baru lima tahun kedepan,” ujarnya.