PDAM Identifikasi Titik Sumber Air Baru Untuk Alak Penkase

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk memenuhi kebutuhan air baku dalam menjawab kebutuhan bagi masyarakat kota, khususnya di wilayah Alak Penkase, Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kupang, kembali melakukan indentifikasi titik sumber air baku untuk pembuatan sumur bor.

“Kami sudah melakukan eksplorasi pada dua titik sumber air, namun diuji debitnya kurang dari 5 liter perdetik kondisi airnya kembali kering, sehingga tidak bisa dioperasikan. Dengan kondisi tersebut maka PDAM tidak bisa mengfungsikan sumur bor itu, sehingga saat ini kami sedang lakukan identifikasi potensi baru di wilayah Alak dan Oeleta Penkase,” kata Direktur PDAM Kota Kupang, Noldy Mumu kepada wartawan, Sabtu (24/9/2016).

Baca : Warga Alak Keluhkan Distribusi Air PDAM Kota Kupang

Menurutnya, alasan utama fokus  pada wilayah Alak dan Oeleta Penkase, karena wilayah tersebut warga mengalami kesulitan air bersih. Sumur bor yang selama ini dimanfaatkan kondisi airnya kotor dan payau sehingga tidak nyaman dikonsumsi. Untuk itu pihak PDAM akan mencari sumber baru untuk pemenuhan air bagi masyarakat Alak, Penkase.

”Saat ini ada juga beberapa titik sumber air sesuai informasi secara lisan dari masyarakat ke PDAM, dan sekarang PDAM sedang turun kelapangan untuk memastikan (survei visual) secara pasti, baru dilakukan secara teknis dengan metode penelitian geolistrik,” ujar Noldy.

Baca : PLN buka lowongan kerja untuk SMA/SMK, ini persyaratannya

Noldy mengaku, identifikasi dan dilakukan eksplorasi menggunakan geolistrik jika memungkinkan kualitas sumber airnya bagus, maka bisa menjawab pengeluhan warga soal kualitas air payau tersebut.

“Sebenarnya kami pernah pada dua tahun lalu melakukan eksplorasi ternyata kualitas airnya tidak jauh lebih baik dengan kondisi sumber air yang saat ini ada di samping kantor lurah tersebut. Hal ini menjadi kendala, karena umumnya dataran yang ada dekat laut sulit mendapat air yang kualitas air yang ideal, namun kami tetap mencoba dengan upaya keras untuk menemukan sumber air yang ideal untuk menjawab kebutuhan air baku bagi masyarakat,” kata Noldy.