Kadispendukcapil: Penerima Santunan Kematian Capai 549

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Hingga akhir bulan agustus tahun 2016, klaim dana santunan kematian dari warga tidak mampu di Kota Kupang sudah sebanyak 549, dari 1000 santunan yang disiapkan pemerintah Kota Kupang dengan besaran anggaran Rp.2,5 miliar.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, David Marts Mangi kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, sesuai data yang ada pada dispenduk, jumlah kematian sebenarnya sudah sebanyak 1000 lebih, tapi tidak semua masyarakat yang mengalami kedukaan mendapat bantuan santunan kematian, namun bantuan itu hanya diberikan kepada keluarga yang tidak mampu saja, sehingga jumlah penerima bantuan hingga saat ini baru berjumlah 549 penerima.

“Tidak semua warga mendapat santunan kematian. Mereka yang mendapat merupakan warga tidak mampu dan bantuan diusulkan dari pihak Rt, dan diteruskan ke pihak kelurahan. Kemudian pihak kelurahan mengeluarkan keterangan tidak mampu baru bantuan itu bisa diberikan. Selain itu bantuan juga diberikan kepada penduduk Kota Kupang, bukan warga Kota Kupang. Maksudnya begini, kami hanya memberikan bantuan bagi penduduk yang mengantongi identitas kependudukan resmi. Sementara yang tidak punya identitas diri, meskipun sudah lama tinggal di Kota Kupang, pasti tidak akan mendapatkan bantuan ,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah santunan yang diberikan pemerintah kepada warga Kota Kupang, dalam tiga tahun terakhir, sejak diluncurkan pada tahun 2014 lalu, selalu bervariasi. Pada tahun 2014, jumlah penerima santunan kematian sebanyak 1014. Sedangkan tahun 205, jumlah penerima santunan hanya sebesar 889 penderima. Diharapkan tahun ini jumlah penerima tidak mengalami over kuota seperti tahun 2014 lalu.