Tim Medis Satgas Yonif RK 744 Gandeng Puskesmas Kota Atambua Bagi Kelambu Untuk Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tim kesehatan Satgas Pamtas Ri-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB pimpinan dokter Rukmana Wijayanto bersama UPTD Puskesmas Kota Atambua membagi sekitar 9.300 buah kelambu.

Pembagian sejumlah kelambu kepada warga terpusat di 13 titik Posyandu dalam wilayah kerja Puskesmas Kota Atambua, Kecamatan Kota, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Rabu pagi (26/8/2020).

Kepala Puskesmas kota Atambua Dr. Vincentius A. Leo mengatakan, kegiatan program pembagian kelambu ini merupakan bantuan dari global fund untuk eliminasi Indonesia bebas malaria 2023.

Dikatakan, dengan aksi membagikan kelambu kepada warga masyarakat, diharapkan tahun 2023 Belu khususnya wilayah kerja Puskesmas Kota Atambua bebas dari penyakit malaria.

“Kita dibantu tim kesehatan dari Satgas Yonif RK 744/SYB untuk pembagian kelambu kepada masyarakat. Sungguh kerjasama yang sangat bagus karena dengan adanya tim kesehatan satgas, lebih mudah mengakses ke seluruh wilayah kerja Puskesmas terutama di 13 titik yang ada,” ujar Vincent.



Sementara itu, Dr. Rukmana wijayanto selaku Dokter Satgas Yonif RK 744/SYB membenarkan, kegiatan itu merupakan kerjasama positif antara UPTD Puskesmas Kota Atambua dan Satgas Yonif RK 744/SYB di perbatasan RI-RDTL.

“Saya berharap pembagian kelambu tidak sampai berlarut-larut sehingga program dari pemerintah Belu bebas malaria 2023 cepat tercapai,” ucap Rukmana.

Kesempatan itu, Armando salah seorang warga setempat yang menerima bantuan sangat bersyukur dengan adanya bantuan kelambu dari UPTD puskesmas kota Atambua dan Satgas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB.

Dengan adanya bantuan kelambu tersebut diharapkan, seluruh warga yang menerima bantuan termasuk keluarganya terhindar dari penyakit malaria.

“Terimakasih banyak Yonif RK 744 dan Puskesmas Kota Atambua untuk kelambu anti malarianya,” akhir Armando.