DPRD Usulkan Status Polda NTT Dinaikan Jadi Tipe A

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengusulkan agar status Polda NTT yang saat ini masih tipe B agar dinaikan menjadi tipe A. Hal ini penting mengingat NTT berbatasan dengan dua negara tetanga yakni Australia dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD NTT, Boni Jebarus saat rapat dengar pendapat bersama DPRD NTT dengan Kapolda NTT, Kamis (25/8).

Rapat ini dipimpin Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno didampingi Wakil Ketua DPRD NTT, Gabriel Beri Binna, hadir pula Kapolda NTT, Brigjen Pol E. Widyo Sunaryo dan sejumlah anggota DPRD NTT.

“Polda Jambi, Polda Sulawesi Utara itu masuk tipe A, padahal tingkat kerawanannya jauh lebih kecil dibading NTT. Oleh karena itu, Polda NTT perlu dinaikan statusnya.

Terkait peningkatan status Polda NTT dari tipe B menjadi tipe A, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno mengatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan ke Mabes Polri.

Sementara Kapolda NTT, Brigjen Pol. Drs. E. Widyo Sunaryo mengatakan status pengusulan peningkatan status Polda NTT menjadi Polda Tipe A saat ini masih dalam proses. Menurut Widyo, pengusulan untuk menaikan status Polda NTT itu telah disampaikan ke pemerintah pusat.