Umat Muslim Sholat Idul Adha 1445 H 2024 di Lapangan Umum Atambua

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com-Umat Islam di Kota Atambua, Kabupaten Belu menggelar sholat id memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah 2024.

Sholat secara berjamaah diikuti ribuan umat muslim berlangsung di lapangan umum Atambua wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (17/6/2024) pukul 06.30 Wita.

Bertindak selaku Khotib dalam Sholat Idul Adha Ustadz Haji Khairul Huda, Imam Utama Ustadz Suharjo Ahmad, serta Bilal utama Ustadz Khairul Aziz.

Dalam khotbahnya, Khotib mengajak seluruh umat muslim untuk menapak kilas dan menyusuri perjalan hidup atau kisah inspiratif perjuangan nabi Muhammad Saw.

Lebih lanjut Ustadz Khairul mengajak umat muslim marilah selalu berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Selain itu selalu terus berusaha menjalankan seluruh perintahnya serta menjauhi semua larangannya, sehingga kita semua diberikan bimbingan dan kekuatan.

Sementara itu, Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belu, H. Abdullah Belajam menyampaikan, hari ini ujar muslim melakukan sholat id Idul Adha 1445 hijriah di lapangkan Atambua dalam keadaan sehat walafiat.

“Kegiatan tahun ini kita menginspirasi apa yang disampaikan dalam kotbah tadi. Dimana kegiatan yang dilaksanakan nabi Ibrahim dalam rangka menjalan perintah Allah SWT untuk meninggalkan islamiah di tempat kehidupan ini perintah Allah, tetapi ada hikmah dibalik itu atau kebaikan yang didapatkan dengan keikhlasan yang didapat dari Allah SWT itu sendiri,” terang Belajam kepada awak media.

Dikatakan, untuk toleransi sendiri kita melihat semenjak idul Fitri sejak kemarin meski kami minoritas di tengah mayoritas, yang mana sampai kegiatan kami sampai hari ini tidak ada gesekan.

“Daerah Belu menjadi tolak ukur nilai toleransi agama di Nusa Tenggara Timur bahkan maupun Indonesia, Belu adalah yang terbaik toleransinya,” ujar Belajam.

Lanjut dia, total hewan kurban tahun ini untuk sapi sebanyak 183 ekor sedangkan untuk kambing berjumlah 165 ekor di seluruh masjid dan mushola yang dihimpun panitia hari besar Islam Kabupaten Belu.

“Untuk tahun ini juga diantara 22 Kota/Kabupaten di wilayah NTT, Kabupaten Belu mendapat satu ekor bantuan hewan kurban dari Presiden RI Jokowi yang akan diserahkan hari ini setelah sholat id berat 942 kilo gram. Ini sesuatu yang luar biasa dan kebanggaan kami di wilayah perbatasan dengan adanya perhatian Presiden Indonesia,” pungkas Belajam.