Situasi Kamtibmas di Belu Kondusif Jelang Pemilu 2024

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resort (Polres) Belu menyampaikan situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL jelang Pemilihan Umum serentak 2024 secara umum relatif kondusif.

Berbagai kegiatan dilakukan Polres Belu guna menciptakan situasi kamtibmas saat tahapan rangkaian Pemilu. Komitmen untuk menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan masyarakat rutin dilaksanakan melalui kegiatan patroli oleh personil.

Hal itu guna mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Selain menciptakan kedekatan Polisi dengan masyarakat, melalui kegiatan patroli diharapakan terjalin kemitraan yang erat untuk memelihara, menjaga kamtibmas tetap kondusif selama pemilu serentak.

Kapolres Belu melalui Kasat Intelkam, IPTU Imanuel Lado mengatakan, sejauh ini situasi keamanan dan ketertiban masyarakat jelang Pemilu tahun ini di wilayah perbatasan Belu sangat kondusif.

Dia menyakini, kondisi kamtibmas yang kondusif itu akan terus terjaga hingga saat dan sesudah pelaksanaan seluruh tahapan proses pemilihan umum serentak tahun 2024.

Akui Lado, pemetaan daerah rawan konflik memang ada. Namun, pihaknya telah mengambil langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya konflik masyarakat.

“Kita telah lakukan operasi, sementara berjalan untuk pemetaan daerah rawan konflik. Secara umum situasi kamtibmas di wilayah perbatasan Belu kondusif,” ujar dia ketika dihubungi media kemarin.

Menurut Lado, pihaknya kedepan komunikasi dengan seluruh pengurus parpol yang ada serta berbagai unsur elemen lainnya, karena komunikasi penting untuk menjalin hubungan. Selain itu gencar sambangi masyarakat dalam menjaga, memelihara serta menciptakan keamanan.

“Semoga situasi kamtibmas yang kondusif saat ini tetap terjaga hingga selesai Pemilu,” pinta dia.

Lebih lanjut dihimbau kepada seluruh parpol serta pengurus, kader maupun simpatisan serta warga masyarakat agar dapat menjaga situasi yang kondusif jelang Pemilu hingga selesai.