Peduli Lingkungan, Kodim 1605/Belu Gelar Karya Bakti Bersih-Bersih Pasar Baru

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit, Kodim 1605/Belu gelar karya bakti bersihkan sampah di pasar tradisional Atambua di Kelurahan Beirafu, Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL.

Dalam bakti sosial melibatkan anggota Brimob, personil Polres Belu, seluruh instansi terkait serta warga bergotong royong membersihkan sampah pasar yang menumpuk di beberapa titik, sekaligus bersihkan selokan yang tersumbat.

Menurut Dandim 1605/Belu, Letkol Arh Suhardi saat memimpin pelaksanaan kegiatan karya bakti mengatakan bahwa, program ini secara masif dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan melibatkan semua Stakeholder.

“Pelaksanaan kegiatan kerja bakti di fokuskan pada pengangkatan dan pembersihan sampah serta pembersihan saluran air yang berada di parit depan pasar yang tersumbat karena sampah sehingga tidak terjadi luapan atau banjir pada saat hujan tiba,” ucap dia, Jumat (8/12/2023).

Lebih lanjut jelas Suhardi, kegiatan ini juga sebagai bentuk implementasi dari pembinaan teritorial Kodim 1605/Belu dan juga menjadi tugas pokok TNI AD khususnya di komando kewilayahan sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belu mari timbulkan empati kita kepada lingkungan disekitar kita, ciptakan lingkungan pasar yang bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarang,” pinta dia.

Diketahui, selain personil gabungan, instansi terkait kegiatan peduli kebersihan lingkungan itu turut hadir Kasdim Belu, Pasi Ops Kodim Belu, Camat Atambua Barat, Sekertaris Camat, Para Lurah Se Kecamatan Atambua Barat, Danton Kipan B Yonif 744/SYB serta FKKPI Belu.