Yonif 742/SWY Jaga Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur Gantikan Yonif RK 744/SYB

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Batalyon Infanteri (Yonif) 742/SWY gantikan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider Khusus 744/SYB untuk menjaga wilayah kedaulatan di perbatasan kedua negara.

Pergantian pasukan pengamanan perbatasan Indonesia dan Timor Leste itu berlangsung dalam acara alih kodal di Mako Satgas Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu, Senin (2/10/2023).

Menurut Danyon Raidersus 744/SYB, Letkol Inf. Yudhi Yahya, satuannya akhiri penugasan operasi pengamanan wilayah perbatasan RI-RDTL selama satu tahun 16 hari menjaga wilayah perbatasan Sektor Timur di Kabupaten Belu dan Malaka.

“Kami sudah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL Sektor Timur dan alhamdulillah hari ini kita melaksanakan Alih Kodal kepada Satgas yang baru Yonif 742/SWY,” ujar dia.

Dikatakan, kedaulatan negara kita ada di wilayah perbatasan negara dan untuk itulah kita ditempatkan menjaga kedaulatan NKRI. Apabila ada kekurangan dirinya yakin Satgas yang baru Yonif 742 akan lebih baik dan lebih berhasil melalui kegiatan Binter.

“Saya yakin dengan tugas satu tahun ke depan Yonif 742 dibawah kepemimpinan Mayor Inf. Tri Juang akan lebih baik mengembang tugas saat ini dan kiranya selalu diberkati,” ungkap Yudhi.

Bersamaan, Dansatgas Yonif 742/SWY, Mayor Inf. Trijuang Danarjati menyampaikan, secara pribadi saya bersama 350 anggota sesuai perintah Danrem 161 selaku Dankolakops akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-RDTL.

“Sesuai perintah kami laksanakan pengawalan perbatasan di Sektor Timur mulai hari ini tugas sesuai penandatanganan memorandum,” kata dia.

Lanjut Trijuang, atas dedikasi dan pengabdian selama satu tahun tugas kami harapkan bimbingan, masukan sekalian program TNI melalui Binter.

“Kami harapkan masukan maupun saran dari rekan-rekan dan apa yang telah dibuat oleh Satgas sebelumnya dapat kita lanjutkan selama bertugas satu tahun kedepan,” pungkas dia.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Raidersus 744/SYB, Mayor Inf. Dody Harahap, Wadan Satgas 742/
SWY, Mayor Inf. Ahmad Fadzri berserta seluruh Pasi.