Partai Hanura Pertama Yang Daftar Bacaleg ke KPU Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi partai politik pertama yang mendatar Bakal Calon Legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu perbatasan RI-RDTL, Rabu (10/5/2023).

Menurut Kepala Divisi Teknis KPU Belu, Jhoni Noelaka, pemilihan waktu pendaftaran itu sesuai dengan nomor urut dari Hanura yakni nomor 10 berdasarkan hasil penomoran dari KPU RI.

Neolaka menyampaikan apresiasi kepada Partai Hanura karenaterima kasih kepada Partai Hanura yang sudah mengajukan bakal calon legislatif pertama di KPU Belu.

“Kita berikan apresiasi kepada Partai Hanura. Sebab dari 18 parpol peserta pemilu, Partai Hanura yang mengambil bagian pertama walaupun sudah di hari ke-10,” terang dia kepada media.

Jelas Neolaka, selesai melewati proses pemeriksaan sesuai amanat peraturan, KPU Kabupaten Belu menerima berkas pengajuan bakal calon legislatif dari Partai Hanura.

“Setelah kita cermati dan teliti dari berkas yang diajukan semuanya dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat dan proses di Silon juga memenuhi syarat. Akhirnya kita berikan tanda terima dan berita acara penerimaan,” ungkap dia.

Lanjut Noelaka, proses selanjutnya dari berkas yang sudah diterima KPU Belu akan melakukan proses verifikasi administrasi yang dimulai pada 15 Mei -23 Juni 2023 terhadap 30 bakal calon legislatif dari Partai Hanura.

Bersamaan Sekretaris Partai Hanura Belu, Jonisius Asit Bere menyampaikan bahwa pihaknya telah mengajukan 30 orang kader dari Partai Hanura Kabupaten Belu sebagai bakal calon legislatif dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Semua persyaratan sesuai persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPU Belu sudah kita serahkan. Berkasnya 100 persen lengkap, selanjutnya proses verifikasi administrasi oleh KPU Belu,” ujar dia.

Terkait target untuk pemilu 2024, tegas Asit Partai Hanura Belu menargetkan 4 kursi untuk satu Fraksi di DPRD. Pihaknya yakin dan optimis bisa terpenuhi di setiap Dapil akan memiliki keterwakilan.

“Kita juga berkomitmen untuk bisa merebut kembali masa kejayaan Partai Hanura pada tahun 2009. Dimana pada saat itu pernah duduki satu satu posisi wakil ketua,” kata Asit.