Wujud Manunggal Bersama Rakyat, Babinsa Kobalima Bantu Bangun Rumah Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Betun, NTTOnlinenow.com – Wujud terciptanya sinergitas TNI bersama rakyat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1605-05/Kobalima, Kabupaten Malaka bantu warga membangun rumah.

Respon cepat Serda Yudha Muhamad Nur Babinsa Koramil 1605-05/Kobalima usai menerima kesulitan langsung bergerak membantu Konstantio Amaral mendirikan rumahnya di Dusun Raihenek, Kecamatan Kobalima wilayah perbatasan RI-RDTL.

Babinsa yang memiliki kemampuan tukang itu dengan penuh keikhlasan para Babinsa bekerja mulai memasang pondasi, merakit dan memasang rangka konstruksi, memasang atap seng dan dinding batako.

Danramil 1605-05/ Kobalima Mayor Kav Yatman kepada media pada, Selasa (31/01/2023) menyampaikan, keadaan diatas merupakan indikasi positif kedekatan dan kepercayaan masyarakat terhadap TNI.

Jelas dia, Babinsa yang merupakan ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) harus peka terhadap situasi dan kondisi wilayah yang meliputi Geo, Demo dan Kondisi sosial masyarakat.

Sesuai instruksi Bapak KASAD keberadaan Babinsa harus menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan rakyat. Terkait hal tersebut masyarakatpun mulai paham tentang apa yang menjadi peran dan tugas Babinsa di wilayah.

“Oleh karenanya masyarakatpun tak ragu lagi melapor dan minta bantuan kepada Babinsa jika mengalami kesulitan atau masalah,” ungkap Yatman.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan bentuk peran serta Koramil sebagai satuan teritorial di wilayah binaan melalui para Babinsa nya yang selalu sigap dan tanggap atas kesulitan dan kebutuhan yang sedang di alami oleh masyarakat.

“Babinsa sebagai aparat teritorial ujung tombak TNI AD harus bisa menjaga kepercayaan masyarakat terhadap TNI dengan bertindak dan bersikap yang lebih humanis serta kehadiran Babinsa harus benar-benar memberikan solusi kepada warga binaannya,” kata Mantan Danramil 1605-01/Kota itu.

Yatman berharap, para Babinsa yang saat ini sedang bekerja membantu mendirikan rumah sederhana milik Bapak Konstantio Amaral agar tetap semangat dalam membantu warga binaannya dan tetap memberikan yang terbaik.

“Semoga proses pengerjaan pembangunan rumah itu cepat selesai sehingga yang bersangkutan bisa segera untuk menempatinya,” kata dia