Banjir Disertai Batu dan Lumpur Terjang Rumah Warga di Belu Perbatasan RI-RDTL 

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pemukiman warga di Desa Leowalu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu diterjang banjir pasca hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Lamaknen, Sabtu (26/11/2022).

Akibat bencana alam itu, tiga unit rumah warga di Kecamatan perbatasan RI-RDTL itu terendam banjir yang membawa serta material batu bercampur lumpur ke dalam rumah warga.

Informasi yang dihimpun media di lapangan menyebutkan, ketinggian air sebatas lutut orang dewasa akibat banjir luapan dari sungai kering dekat perkampungan merendam tiga rumah di Dusun Lonkulo, Berek Hasak dan Airawanteten.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa bencana alam itu. Namun, warga mengalami kerugian material berupa barang kebutuhan keluarga, perkebunan serta sepeda motor mencapai kerugian belasan juta rupiah.

Adapun tiga unit rumah warga terdampak banjir masing-masing, Roswinda Lotuk (30) dengan kerugian beras 1 karung, alat dapur, bangunan dapur semi permanen, dua unit smotor sempat terbawa banjir kembali diambil dan lumpur batu masuk dalam rumah dengan nilai kerugian sekitar Rp. 10.000.0000.

Banjir Disertai Batu dan Lumpur Terjang Rumah Warga di Belu Perbatasan RI-RDTL 

Baltasar Tes (73) dengan kerugian halaman dan rumah di masuki lumpur dan batu, kebun di lewati banjir dengan nilai kerugian sekitar 1 juta rupiah dan Modesta Lawak (52) dengan kerugian rumah dan halaman di masuki air dan batu, jagung 2 karung dibawa banjir dengan nilai kerugian sekitar 2 juta.

Akibat bencana alam banjir itu rumah tidak bisa tempati rumah lantaran material tanah, pasir, dan batu memenuhi yang masuk ke dalam rumah. Korban terpaksa mengungsi ke rumah rekanan keluarga.

Peristiwa tersebut direspon langsung Anggota Polsek Lamaknen yang kemudian berkoordinasi dengan Pemerintah setempat kemudian datangi langsung lokasi bencana.

Selain itu aparat Polsek menghimbau warga desa serta korban bencana untuk selalu berhati-hati saat hujan dan korban mengungsi ke tempat yang tinggi atau keluarga.

Bekerjasama dengan Puskesmas Weluli, personil Polsek Lamaknen memberikan bantuan obat berupa, salbutamol 4 mg tablet, untuk sesak napas, GG 100mg untuk batuk, salap bacitracin (salap antibiotik untuk luka infeksi), etronidazole 500mg antibiotik dan vit b com 2×1 sebagai vitamin/suplemen.