Rencana Buka SALUT, Direktur UT Makassar Hasanuddin Silaturahim Wakil Bupati Pangkep

Bagikan Artikel ini

Pangkep, NTTOnlinenow.com – Direktur UT Makassar, Drs. Hasanuddin, M.Si melakukan silaturrahim dengan Wakil Bupati Pangkep, H. Syahban Sammana, SH, Selasa pagi 26 April 2022 di Kantor Bupati Pangkajene Kepulauan.

Silaturrahim ini terkait rencana UT Makassar akan membuka Sentra Layauan UT (SALUT) di Kabupaten Pangkep.

Direktur UT Makassar Hasanuddin pada pertemuan silaturrahim itu mengatakan, terima kasih atas penerimaannya.

Dijelaskan juga kalau UT merupakan PTN ke-45 sekaligus pelopor pendidikan jarak jauh.

Sistem pendidikan UT khusus dikembangkan untuk belajar jarak jauh. Pada sistem pendidikan UT tidak memerlukan kampus untuk belajar, Mahasiswa dapat, belajar di tempat masing masing.

Keunggulan UT, kampus tanpa batasan, waktu kuliah fleksibel, mandiri lewat teknologi, biaya terjangkau, terakreditasi, bebas biaya bangunan dan uang pangkal.

Dilaporkan juga rencana UT akan membuka SALUT Pangkep dengan harapan semakin mendekatkan UT di masyarakat.

SALUT adalah fasilitas UT yang berada di kota/kabupaten strategis untuk memberikan dukungan layanan mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.

Fasilitas layanan ini didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar dan informasi administrasi akademik secara online

Melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara online, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.

Sebagai perpanjangan layanan UT di kota/kabupaten, operasional SALUT berada di bawah koordinasi dan supervisi Kantor UT Daerah atau disebut juga Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT).

Wakil Bupati Pangkep H. Syahban Sammana, SH, pada kesempatan itu mengatakan, rencana kehadiran SALUT di Pangkep sangat membantu dalam proses peningkatan IPM.

Pemerintah Pangkep menyambut baik rencana UT membuka SALUT karena memberi peluang bagi aparat pemerintah dan masyarakat melanjutkan jenjang studi pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan daerah dan tugas serta pekerjaan, katanya.

UT tempat yg tepat untuk melanjutkan studi perguruan tinggi, karena UT ini PTN terakreditasi, belajar dari mana saja dan kapan saja, dan sudah terbukti di Pangkep ini sudah banyak alumni UT sebagai ASN di kantor pemerintah, ataupun mereka guru/kepala sekolah, ungkapnya.

Selain itu UT dgn program studi yg ada cukup dibutuhkan oleh masyarakat Pangkep seperti perikanan, kelautan, pertanian, hukum, akuntansi, manajemen apalagi sudah ada S2 ,S3 yang dirasa penting kehadirannya di Pangkep ini.

Pada kesempatan itu turut hadir mendampingi wakil bupati, Kepala BKPSDM Dra. Hj.Parmawati,MSi, Sekdis Pendidikan, M.Amirudin, S. Pd, M.Pd,.Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan, Asisten 1 dr.Harlina.

Direktur UT Makassar didampingi Penanggungjawab Kerjasama, Humas dan Alumni, Prof Dr. H. Abd Rahman Rahim, SE, M.Si, Dra. Kusnaeni, M.Pd, Rencana Pengelola SALUT Pangkep Dra.Hj.Aminah ,M.Si, HJ.Rustiah S.Pd, Dr.Mukhtar Tahir, M.Si.***