Polisi Amankan 113 WNA Asal Timor Leste Masuk Illegal ke Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Polres Belu berhasil mengamankan 113 Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste yang masuk ke wilayah Indonesia secara illegal atau tidak memiliki dokumen keimigrasian, Senin (9/8/2021) malam.

Ke 113 orang asing yang terdiri dari 105 laki-laki dan 8 perempuan diamankan anggota Polres Belu dan didukung anggota Brimob Subden 2 Pelopor Atambua di tempat tinggal sementara di Fatubenao, Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Setelah diamankan dari rumah warga di Fatubenao A dan Kotaren, Kelurahan Fatubenao ke 113 warga negara Timor Leste itu langsung digiring oleh aparat gabungan ke Mapolres Belu sebelum diserahkan ke pihak Imigrasi Atambua.

“Memang mereka datang illegal, tidak bisa tunjukkan dokumen. Tentunya kita amankan sebelum diserahkan ke pihak berwenang,” ujar Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh kepada awak media.

Dikatakan, pengamanan terhadap warga asing ini menindaklanjuti informasi dari KBRI di Dili yang menginformasikan katanya ada 300 orang. Ternyata kita temukan dan kita amankan ada 113 orang.

“Kita sudah coba koordinasi dengan pihak Imigrasi tapi tidak ada yang angkat teleponnya,” sebut Khairul.

Lanjut dia, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Agen Konsulat Timor Leste di Atambua dan menolak kemudian minta serahkan ke pihak Imigrasi Atambua.

“Memang kewenangan Imigrasi. Malam ini belum bisa kita koordinasi,” terang dia.

Dikatakan, untuk sementara 113 warga Timor Leste illegal kita amankan di Mapolres Belu sebelum diserahkan ke pihak berwenang. Kita lakukan secara manusiawi berikan mereka tempat istirahat.

“Malam ini diamankan sementara di Polres. Pagi kita akan akan serahkan ke pihak Imigrasi,” pungkas Khairul.