Pemkot Kupang Buka 933 Formasi P3K dan CPNS 2021

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, membuka 933 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Formasi PPPK dan CPNS ini difokuskan untuk memenuhi formasi tenaga pendidik dan kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan daerah (BKPPD) Kota Kupang, Ade Manafe mengatakan, pemerintah telah membuka formasi CPNS dan PPPK 2021. Formasi itu diutamakan untuk PPPK guru dan tenaga kesehatan.

“Pendaftarannya dilakukan secara online. Pembukaan pendaftarannya dimulai tanggal 31 Mei sampai 21 Juni ini,” katanya.

Ade mengaku, kuota untuk kompotensi PPPK guru, berjumlah 742 yang tersebar di 290 sekolah kota Kupang, baik sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP).

Untuk CPNS, dibuka untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Tenaga kesehatan berjumlah 173 orang yang tersebar di 76 tempat di kota Kupang. Sedangkan tenaga teknis berjumlah 18 orang yang tersebar di enam tempat di Kota Kupang.

Ia menjelaskan, seleksi administrasi dan pengumuman hasil diselenggarakan 1 Juni sampai 30 Juni, dilanjutkan dengan masa sanggah 1 Juli sampai dengan 11 juli.

Sedangkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dimulai dari Juli sampai September. Seleksi kompetensi PPPK guru dilakukan setelah SKD CPNS.

Ade mengatakan, Untuk seleksi PPPK guru, dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama dikhususkan bagi guru yang telah memiliki sertifikat pendidikan yang telah terdaftar di Dapodik.

Sedangkan untuk tahap dua, dilaksanakan oktober mendatang, bagi guru yang sudah terdaftar di Dapodik namun belum mempunyai sertifikat, dan tahap ketiga dilaksanakan Desember mendatang, dibuka secara umum.

“Jadi tetap pakai formasi. Kalau tahap pertama dan yang tidak lulus, maka dibuka tahap kedua dan ketiga. Namun kalau pada tahap pertama sudah memenuhi kuota, tidak dibuka lagi tahap dua dan tiga,” katanya.

Ade berharap, para guru dan calon PNS memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Pemerintah tentu berharap, setiap calon mendapatkan yang terbaik. (YM)