Masih Berstatus WNA, MK Batalkan Paslon Terpilih Bupati Sabu Raijua Orient – Thobias Uly

Bagikan Artikel ini

Laporan Adi Rianghepat
Kupang, NTTOnlinenow.com – Majelis hakim membatalkan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore – Thobias Uly, dalam sidang yang digelar Kamis 15 April 2021.

Pasangan yang diusung Partai Demokrat, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra ini sebelumnya ditetapkan sebagai pemenang dalam kontestasi pilkada serentak di daerah itu oleh KPU Sabu Raijua. Namun dalam perjalanan pasca penetapan pemenang, terungkap ternyata Orient Patriot Riwu Kore, masih beratatus WNA (Amerika Serikat).

Sejumlah pihak lalu mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ada tiga permohonan masing-masing permohonan 133, 134 dan 135. Majelis hakim mengabulkan permohonan untuk 133 dan 135,” kata Ketua Bawaslu NTT Thomas Djawa di Kupang, Kamis (15/4/2021).

Dia mengatakan, selain membatalkan pasangan calon itu, MK juga memerintahkan penyelenggara untuk segera melalukan pemungutan suara ulang (PSU) tanpa pasangan Orient – Thobias Uly.

“Kami di Bawaslu NTT segera lakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk pelasakanaan PSU itu,” kata Thomas. Menurut dia, rentang waktu yang diberikan MK adalah 60 hari sejak putusan dibacakan.

“Prinsipnya Bawaslu NTT sudah dalam posisi siap melalukan monitoring dan koordinasi demi kelancaran PSU dimaksud,” ujar Thomas Djawa.***