Kejari TTU Akan Segera Limpahkan Berkas 3 TSK, Perkara Korupsi Pengadaan Alkes Ke Pengadilan Tipikor Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Timor Tengah Utara (TTU) akan segera melimpahkan berkas perkara korupsi ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang.

Perkara dugaan korupsi yang dilimpahkan, pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada tahun 2015 lalu dengan dana sebesar Rp 11 miliar lebih.

“Kita fokus pada pemerkasan tiga berkas perkara dari tiga tersangka yang sudah kita tahan. Sesuai rencana dalam waktu dekat di bulan ini sudah dapat kita limpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi di Kupang,” kata Kajari TTU, Robert Jimmy Lambila, S.H, M.H. kepada NTTOnlinenow.com, Senin (29/03/2021) yang dihubungi melalui telepon.

Ia mengatakan tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lainnya, tergantung dari proses pemeriksaan sejumlah saksi di lain waktu.

Diberitakan sebelumnya, Kejari TTU menahan tiga tersangka korupsi Proyek Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes), Senin (15/03/2021) malam.

Ketiga tersangka itu diantaranya, JJM sebagai Kuasa Direktur PT Karya Imanuel Mulia, YMDEB sebagai PPK dan MES sebagai Panitia Pemeriksa Teknis (PPHP).

Ketiganya ditahan sebab terlibat dalam kasus pengadaan fiktif salah satu item alat kesehatan yaitu dua unit Blood Bank Refrigerator (Kulkas Bank Darah) senilai Rp 425 juta dari nilai salah satu paket kontrak sebesar Rp 1, 4 miliar lebih yang dimenangkan JJM.

Blood Bank Refrigerator (Kulkas Es Bank Darah) adalah salah satu alkes yang sangat penting dan strategis. Pengadaan alat ini untuk keselamatan nyawa pasien.

Blood Bank Refrigerator (kulkas bank darah) merupakan peralatan yang penting di departemen immunohematology dan menyediakan penyimpanan yang aman dan nyaman dari seluruh darah, darah komponen (misalnya, darah sel, plasma) dan reagen. Kulkas bank darah memastikan kesegaran dan integritas darah dan komponen darah.

Baca juga : Pengadaan Fiktif Dua Unit Blood Bank Refrigerator, Jaksa Tahan 3 Tersangka Korupsi Dana Alkes di TTU

Sesuai hasil penyidikan, dugaan kerugian negara yang ditimbulkan dari kasus tersebut mencapai Rp500 juta.

Ketiga tersangka dijerat dengan pasal 2 dan 3 Undang – Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana yang diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Ancaman hukuman untuk pasal 2 minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara dan untuk pasal 3 minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun penjara”, jelas Kepala Kejaksaan Negeri TTU, Roberth Jimmy Lambila.