Terbaru, Enam Pastor di Wilayah Keuskupan Ruteng Dinyatakan Reaktif-Positif C19

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S.Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Berdasarkan informasi terkini, sedikitnya enam Pastor yang bertugas di wilayah Keuskupan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dinyatakan reaktif-positif Covid 19 (C19) berdasarkan rapid test.

Informasi itu diperoleh dari laporan hasil rapid test yang dikeluarkan oleh Pusat Pastoral (Puspas) Keuskupan Ruteng, pada Selasa, 5 Januari 2021.

Surat tersebut kini ramai beredar luas diberbagai media sosial, salah satunya Whats App (WA). Dalam surat itu menyebutkan, total 118 orang para imam (Pastor) di Wilayah Keuskupan Ruteng telah dilakukan Rapid Antigen, hasilnya 6 orang dinyatakan reaktif-positif, sedangkan 112 orang lainnya dinyatakan negatif.

Keenam orang pastor yang dinyatakan reaktif-positif C19 itu, diantaranya, Rm. Kosmas Hariman (Pastor Paroki Pacar), Rm. Willy Gandhi (Pastor Paroki Bari), Rm. Yoris Dampuk (Pastor Rekan Paroki Borong), Rm. Marsel Nono (Pastor Rekan Paroki Sita), Rm. Jimmy Mala (Pastor Rekan Paroki Loce) dan P Narek Untung (Pastor Rekan Paroki Redong).

Keenam Pastor itu diminta untuk segera melaukan karantina, baik mandiri ataupun bersama, menjaga relasi dan tidak boleh berkontak dengan orang lain, serta mengkonsumsi buah-buahan dan vitamin, dan melakukan Swab ulang setelah 14 (Empat Belas) hari.

“Terhadap mereka-mereka yang dinyatakan reaktif-positif harus karantina, entah mandiri atau bersama, harus menjaga relasi dan tidak boleh kontak dengan orang, mengkonsumsi buah-buahan dan vitamin, dan setelah 14 hari melakukan Swab ulang,” tulis dalam surat tersebut.


Dalam surat itu juga, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai menganjurkan agar sebisanya keenam orang Imam tersebut segera dikarantina disatu tempat agar memudahkan pihak terkait berkoordinasi dan upaya medis lebih lanjut.

“Dianjurkan dari Dinkes Manggarai, kalau bisa mereka dikarantina disatu tempat agar mudah koordinasi dan upaya medis lebih lanjut,” demikian dalam surat itu.

Sementara, beberapa waktu sebelumnya juga diberitakan, Pastor Paroki Gereja Maria Bunda Maria Segala Bangsa, Romo Benediktus Ardi Obot, Pr juga dikabarkan positif Covid 19. Dan saat ini tengah menjalani isolasi dan proses penyembuhan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Satgas C19 Kabupaten Manggarai berhasil dikonfirmasi.