TNI Bantu Ekonomi Warga Belu Dengan Beternak Ayam KUB

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Selain melaksanakan tugas TNI sebagai pasukan tempur, pasukan teritorial dan pasukan perbatasan dengan tugas masing-masing, disela-sela kegiatan tersebut TNI juga melakukan kegiatan membantu perekonomian warga.

Seperti halnya yang dilakukan Kodim 1605/Belu bersama kelompok binaan di Koramil 1605-01/Atambua, Kelurahan Fatukbot, Kecamatan Atambua Selatan yang suskes beternak ayam Kampung Unggas Balitbangtan (KUB) dalam tiga bulan terakhir.

Kegiatan beternak Ayam KUB juga bisa sebagai alternatif antisipasi ketahanan pangan bagi warga binaan TNI di setiap Koramil dan Poster dalam mendukung Pemerintah.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak usai meninjau lokasi ternak ayam KUB di Koramil 01 mengatakan, dirinya telah berkunjung di beberapa wilayah dan saat ini berkunjung ke perbatasan Belu.

“Di NTT saya sudah banyak melakukan kunjungan kerja di beberapa tempat yang terakhir ada di tempat ini,” akui dia.

Jadi, jelas Maruli ada beberapa kegiatan-kegiatan selain tugas kita sebagai pasukan tempur, pasukan teritorial dan pasukan perbatasan dengan tugas masing-masing. Disela-sela kegiatan tersebut TNI merencanakan untuk membantu perekonomian masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita akan buka lahan lahan perkebunan dan mungkin juga perikanan peternakan dan ini mungkin yang salah satu sudah berjalan adalah pemeliharaan ayam ini sekarang sudah ada beberapa ribu kita berjalan berapa bulan 3 bulan 3 bulan setelah berjalan 3 bulan bisa berjalan baik,” terang dia.

“Kami mencoba mengajak ade-ade pelajar yang sekolah juga teman-teman dari organisasi pemuda, organisasi masyarakat untuk mulai belajar. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita realisasikan pertanyaan yang potensial sementara kita banyak yang terlintas,” sambung Maruli.


Dikatakan, sekarang pihaknya membuka kebun dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong. Kemudian nanti mungkin tanaman alpukat dan segala macam lainnya yang akan kita rencanakan.

“Harapan masyarakat seperti apa saya yakin kalau kita gelar seperti ini respon masyarakat luar biasa yang penting perjalanan kami melaksanakan itu bukan total bisnis tapi betul-betul untuk membantu masyarakat,” ungkap dia.

Disampaikan, apa yang dilakukan Dandim Belu ini salah satu alternatif untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Terkait itu, TNI akan terus membantu perekonomian warga melalui kegiatan-kegiatan seperti yang telah dilakukan.