Pesan Mayjen Maruli, Prajurit Jaga Marwah TNI di Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meminta seluruh jajaran personel TNI di wilayah perbatasan RI-RDTL supaya melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Sudah ada hal-hal yang sudah mereka harus lakukan dan saya sudah wanti-wanti jangan sampai mereka ikut serta terhadap hal-hal yang justru kewajiban mereka untuk dijaga dengan masalah-masalah illegal. Masalah ini saya yakin kan mereka lebih tidak melakukan,” tegas Maruli kepada awak media usai giat di Koramil 01-Atambua, Kabupaten Belu, Kamis (17/12/2020).

Dikatakan, prajurit jaga marwah TNI dan di situ jelas kita sudah mempunyai tugas dari negara jadi ikut serta di situ menjaga keamanan, menciptakan situasi wilayah perbatasan negara agar tetap kondusif.

“Tapi perkembangan terakhir saya lihat banyak sekali peran dari anggota kita untuk mencegah khususnya apa namanya ilegal penjualan barang keluar,” ujar Maruli.

Lebih lanjut, dalam arahan kepada jajaran personel TNI di Mako Yonif RK 744 dirinya bangga dengan prajurit untuk siap ditempatkan dimana saja sesuai dengan sumpah bahkan sampai membela negara sampai titik darah penghabisan.

“Jangan ragu-ragu dalam melaksanakan tugas di manapun kita berada apa yang bisa kita kerjakan buat satuan masyarakat sekitar bangsa dan negara saya yakin penugasan penugasan kalian disini juga sangat-sangat bermanfaat dari sejak dahulu kala tentara itu dibentuk sudah berpuluh-puluh kali orang bertugas di sini,” ujar dia.


“Jadi, bukan suatu hal yang aneh bukan hal yang baru namun seharusnya banyak sekali peningkatan harus banyak perubahan generasi-generasi anda generasi-generasi penerus ini banyak sekali anak muda harus hadir dengan segala macam kreativitas harus hadir segera membentuk suatu kreasi-kreasi yang baru jangan kalian sama nanti atau kita sama dengan orang-orang yang pertama dibentuk di sini,” tambah Maruli.

Kesempatan itu Pangdam Udayana berpesan, prajurit TNI bisa berperan jangan hanya berperan di lingkungan saja, tapi juga harus berperan di lingkungan masyarakat dalam hal mendukung pemerintah di bidang pertahanan ketahanan pangan, kesehatan serta lainnya.

“Kita sebagai prajurit selalu semangat, selalu bergembira di mana tempat kita bertugas, laksanakan tugas itu sebaik-baiknya dan jaga marwah TNI,” pungkas Maruli.