Satgas Yonif RK 744/SYB dan Warga Kerja Bakti Bersihkan Sampah

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB pos Mota’ain melaksanakan karya bakti gotong- royong bersama warga masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu wilayah Timor Barat, Jumat (25/9/2020).

Kegiatan wujud peduli kebersihan lingkungan bersihkan sampah terpusat di pesisir pantai dusun Mota’ain. Lokasi yang dijuluki pantai Jhoni Kalla itu akan jadi tempat upacara HUT TNI pada tanggal 5 Oktober mendatang.

Danpos Damar Letda Inf Anggun Wahyu Wuryanto mengatakan, kegiatan gotong royong merupakan suatu kegiatan yang sangat positif untuk di laksanakan di lingkungan masyarakat.

“Selain menjaga kebersihan lingkungan, melalui kegiatan gotong royong juga dapat mendekat hubungan TNI bersama masyarakat, sehingga mempererat silaturahmi yang telah terjalin dengan baik selama ini antara Satgas Yonif RK 744/SYB dengan warga perbatasan Indonesia-Timor Leste,” ujar dia dalam rilis yang diterima media.

Dijelaskan bahwa, lingkungan yang bersih memiliki manfaat cukup banyak antara lain lingkungan di sekitar tempat tinggal menjadi lebih sejuk bebas dari polusi udara, terhindar dari berbagi penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor serta tidak sehat.

Menurut Wahyu, jika seseorang lalai dalam menjaga kebersihan lingkungan maka akan menjadi kotor tidak nyaman di tempat dan menjadi sumber berbagai penyakit. Selain itu menimbulkan bencana akibat ulah manusia seperti banjir, bau busuk, polusi udara kotor serta tidak nyaman.



“Dengan kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT TNI ke 75 Satgas Yonif Raider Khusus 744/SYB dapat terciptanya kebersihan kesehatan dan suasana yang nyaman bagi masyarakat perbatasan Indonesia – timur leste,” harap Wahyu.

Diketahui, kegiatan kerja bakti Satgas dan warga dihadiri juga Kapospol Mota’ain serta jajaran, Babinsa Silawan, Kepala Desa Silawan, perwakilan Posal Atapupu serta para Kepala Dusun.

Tugas Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB menjaga wilayah perbatasan Indonesia-timor Leste di wilayah Nusa Tenggara Timur yang tercantum dalam undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang tentara nasional ,pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 yang menjelaskan tentang tugas TNI dalam mengamankan wilayah diperbatasan negara kesatuan republik Indonesia ( NKRI ) dalam mengemban tugas tersebut.

Selain itu melaksanakan tugas pembinaan teritorial satuan non komando kewilayahan (Binter Satnonkowil) melalui koordinasi bersama satuan komando kewilayah setempat dan instansi terkait guna mendukung, memperlancar dan meringankan beban setiap langkah pemerintah dalam membantu mengatasi permasalahan sosial masyarakat, khususnya di wilayah perbatasan antara Indonesia-Timor Leste.