Menindaklanjuti Instruksi Presiden dan Pimpinan Polri, Kapolres Mabar Sambangi Jajaran Polsek

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S.Marthin
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.com – Kapolres Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), Bambang Hari Wibowo, S.I.K. M.Si sambangi sejumlah jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) di daerah itu guna menyampaikan atensi Presiden Jokowi Dodo bersama Pimpinan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) yang disampaikan melalui Waka Polri, dalam Vcon beberapa saat sebelumnya, Rabu (26/8/2020) pukul 09.00 Wita.

“Dari poin atensi di atas ada atensi untuk jajaran Polsek, khususnya anggota Bhabinkamtibmas, harus lebih Pro Aktif dalam mensosialisasikan dan mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, serta tingkatkan upaya-upaya pencegahan penyebaran covid 19 dengan melakukan langkah-langkah koordinasi, kerjasama dengan stageholder di wilayah hukumnya masing-masing, termasuk penerapan Protokol kesehatan dilingkungan kerja Mako Polri hingga jajaran Polsek, terutama ruang pelayanan publik harus benar-benar dilaksanakan,” ujar Kapolres Mabar, Bambang Hari Wibowo, S.I.K, M.Si dalam pres rilis tertulisnya yang diterima media melalui pesan singkat Whats App-nya, Rabu (26/8/2020) Siang.

Kapolres Bambang Hari Wibowo juga mengintruksikan agar para Kapolsek berkoordinasi dengan Kasat Bimas untuk memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas dan mengajak Bhabinsa untuk bersama-sama mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan dilaksanakan terutama budaya penggunaan masker.

“Viralkan budaya penggunaan masker sebagai budaya hidup saat ini. Lakukan inovasi-inovasi yang dapat menggerakkan masyarakat agar mereka terbiasa menggunakan Masker (kawasan wajib masker, dll),” tambahnya.



Bambang juga menegaskan, agar seluruh Polsek dan jajarannya wajib menerapkan pola 3M dan T, yaitu menggunakan Masker, Menjaga jarak aman, Kebiasaan Mencuci tangan, dan Tidak berkerumanan dalam jumlah yang banyak, baik kepada jajaran kepolisian maupun di lingkungan masyarakat pada umumnya.

Selain berkaitan dengan Protokol Covid 19, Kapolres Bambang juga menyinggung terkait realisasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Pusat kepada masyarakat agar pendistribusiannya benar-benar tepat sasaran.

“Saya juga mengintruksikan agar jajaran Polsek segera mengantisipasi dan mengawasi pelaksanaan distribusi dana bantuan Pemerintah Pusat berupa uang sebesar Rp. 600 kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Cek dan pastikan betul data yang ada di Pemda, apakah tepat sasaran atau tidak,” tukasnya.

Dirinya meminta agar prosesnya, perlu melibatkan Polsek, Forkompimca, TNI ditingkat kecamatan, stakeholder serta instansi vertikal tingkat kecamatan untuk bersama mengawasi pelaksanaannya agar benar-benar tepat sasaran.

Karenanya, Dirinya memerintahkan jajaran Polsek untuk segera melakukan koordinasi dengan Forkopimca, TNI di tingkat kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tua Golo, dan Tokoh Masyarakat beserta awak media untuk bersama-sama bersinergi dalam mewujudkan Pilkada yang aman, tertib dan lancar pada Pemilukada, 9 Desember 2020.