Lagi, Satu PDP Meninggal Dunia Di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, NTT kembali merilis 1 (Satu) orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Ben Mboi Ruteng, kabupaten Manggarai, NTT, Kamis (18/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus Demung Moa, dalam press releasenya yang diterima Media ini, Kamis malam menjelaskan, PDP tersebut berinisial NYL (19), berjenis kelamin perempuan, berstatus lajang, asal Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, kabupaten Manggarai. Ia meninggal dunia di Ruang Perawatan Isolasi BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng. Dan jenasahnya telah dikuburkan dengan Protokol Covid-19.

PDP tersebut masuk RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, pada Rabu, 17 Juni 2020, dengan manifestasi klinis menyerupai tanda dan gejala Covid-19.

Sesuai protokol, lanjut Moa, NYL ditetapkan sebagai PDP atau Pasien Dalam Pengawasan dan mendapatkan perawatan secara intensif oleh tim medis di Ruang Perawatan Isolasi RSUD dr. Ben Mboi Ruteng.

Diketahui, NYL merupakan salah satu pekerja Salon di Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat.

Disana NYL bekerja dan berdomisili selama 2 bulan lamanya, dan baru tiba di Ruteng 3 (tiga) hari yang lalu.

Sebelum dirinya memutuskan untuk kembali ke Ruteng, NYL sempat berobat ke salah satu Puskesmas di Labuan Bajo karena mengalami sakit demam.

Saat kembali ke Ruteng, NYL dalam kondisi/keadaan sakit demam disertai sesak napas. Karena kondisinya terus meningkat, keluarga memutuskan untuk membawanya ke RSUD dr. Ben Mboi Ruteng untuk dirawat.

Di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, NYL ditetapkan sebagai PDP. Setelah itu, pihak RSUD dr. Ben Mboi Ruteng melakukan rapid test terhadapnya, dan hasilnya negative covid-19, ungkap Moa.

Rencananya, akan dilakukan kontak tracing dan rapid test terhadap semua orang kontak dalam rumah.

Namun, untuk memastikan apakah, PDP NYL tersebut positif Covid-19 atau tidak, pihak RSUD dr.Ben Mboi Ruteng telah mengambil SWAB-nya dan akan segera dikirim ke laboratorium untuk diperiksa, lanjut Moa.

Selain itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Manggarai juga mengingatkan bahwa sejauh ini, hingga pukul 18.00 Wita, Kamis 18 Juni 2020, Potret Monitor Harian Covid-19 Kabupaten Manggarai, total Pelaku perjalanan yang sudah diperiksa sebanyak 4101 orang dan semuanya telah selesai menjalani masa isolasi. Sedangkan, ODP 85 orang, dengan rincian, 84 orang diantaranya selesai pemantauan, sedangkan 1 orang diantaranya masih dalam pemantauan. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 0 (Nol), PDP yang dinyatakan sembuh 2 orang, PDP yang meninggal dunia 2 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) 0, dan Positif Covid 0.