DPRD Belu Panen Keluhan Petugas Saat Sidak Posko Pengawasan Covid-19 di Teun dan Motamaro

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pimpinan dan Anggota DPRD Belu melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke posko pengawasan Covid-19 pintu keluar masuk di Desa Teun dan Tasain, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Selasa (28/4/2020).

Hadir dalam sidak itu, Wakil Ketua I DPRD Belu Jefri Nahak, Wakil Ketua II Cyprianus Temu, Ketua Komisi I Beni Manek, Ketua Komisi II Theo Manek, Anggota Dewan Kobus Manek, Julianus Koi dan Walde Berek.

Pantauan media, di posko pengawasan Teun perbatasan dengan Kabupaten Malaka, dan Posko Motamoru, Desa Tasain Pimpinan Dewan serta Anggota menanyakan ke petugas terkait fasilitas dan mekanisme selama pelaksanaan proses pencegahan Covid-19.

Menjawabi pertanyaan wakil rakyat, para petugas mengeluhkan soal makan dan minum. Mereka mengaku melaksanakan tugas sejak pagi hingga sore namun hanya sekali makan siang.

Itupun makan siangnya terlambat harus tunggu sampai pukul 14.30 Wita, karena makannya diantar. Makannya nasi bungkus, dibandingkan awal dimasak oleh puskesmas. Selain itu kesulitan air minum, dan mereka pun terpaksa harus membelinya.

Sistem shift digunakan para petugas di posko pemantauan Teun. Shift pertama mulai jam 8 pagi hingga jam 2 siang, selanjutnya jam 2 sampai jam 8 malam. Sementara di Posko Motamaru batas Malaka dan TTU shift pertama jam 7 pagi hingga jam 7 malam dan shift kedua bertugas mulai jam 7 malam hingga jam 7 pagi.

Adapun petugas di pos Teun terdiri dari Polsek Halilulik dua orang, Koramil Halilulik dua orang, Puskesmas tiga orang, Sat Pol PP dua orang sementara petugas Dinas Perhubungan Belu tidak ada. Padahal, sebelumnya aktif melaksanakan tugas di posko.

Menurut Cypri Temu, tujuan kami dewan Belu hari ini ingin melihat kekurangan yang ada di posko pemantauan, selain itu juga terkait dengan makan minum para petugas di posko yang melaksanakan tugas.

Sementara itu, Jefri Nahak sangat prihatin dan menyayangkan dukungan Pemerintah terhadap para petugas di posko Teun dan Motamaro yang melaksanakan tugas pengawasan pencegahan Covid-19.

“Kita agendakan panggil pihak gugus tugas dan koordinator posko pengawasan terkait pencegahan Covid-19 guna berikan penjelasan kondisi petugas di posko pengawasan,” ujar Epi Nahak.