Cegah Corona, Bupati Belu Liburkan Seluruh Sekolah di Batas RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Seluruh kepala satuan pendidikan PAUD, TK, SD dan SMP di Kabupaten Belu diinstruksikan meliburkan seluruh sekolah dengan rumahkan para pelajar, guru dan tenaga kependikan terhitung tanggal 20 Maret hingga 4 April 2020.

Seluruh kegiatan sekolah yang dirumahkan akan masuk kembali pada tanggal 6 April 2020.

Demikian Instruksi Bupati Belu nomor 420/PK/472/III/2020 tanggal 18 Maret 2020 yang ditandatangani Wakil Bupati Belu, J. T Ose Luan.

Dalam surat itu termuat beberapa poin penting sebagai berikut :

Pertama, segera merumahkan peserta didik, guru dan tenaga kependikan terhitung tanggal 20 Maret sampai dengan 4 April 2020 dan masuk kembali tanggal 6 April 2020.

Kedua, menunda pelaksanaan uji coba atau try out tingkat SD, ujian sekolah, kompetisi siswa nasional tingkat SMP sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Ketiga, khusus guru agar mempersiapkan bahan dan tetap melakukan pembelajaran selama dirumahkan dengan menggunakan salah satu dari beberapa metode seperti, metode online, offline dan metode penugasan.

Keempat, khusus guru dan tenaga kependidikan agar agar tetap memberikan panduan dan monitoring terhadap peserta didik.

Kelima, khusus orangtua wali agar melakukan pemantauan aktifitas belajar anak selama di rumah dan bertanggungjawab mengontrol/membatasi aktifitas anak di luar rumah.

Keenam, khusus peserta didik, guru dan tenaga kependidikan wajib berada di rumah dan tidak berpergian ke mana-mana. Tetap memperhatikan protokol kesehatan selama di rumah antar lain kontak fisik langsung, bersalaman, cium tangan.

Selain itu, apabila ke luar rumah tetap menjaga jarak (social distancing) dengan orang lain. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan selalu mengontrol suhu tubuh menggunakan termometer badan.