Ribka Ungkap Biaya Hemodialisa Ditanggug Program JKN-KIS

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Seorang Penerima Bantuan Iuran (PBI) Ribka Bangi Kaa (50) warga Desa Mamodu, Kabupaten Sumba Barat peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mengungkapkan, saat menjalani perawatan di Rumah Sakit seluruh biaya Hemodialisa ditanggung program JKN-KIS.

“Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini sudah banyak yang dirasakan manfaatnya baik masyarakat maupun saya sendiri,”kata Ribka yang ditemui media ini Selasa (3/3/2020).

Menurutnya, menjadi peserta JKN-KIS suatu anugerah yang sangat tak ternilai apalagi deng terdaftarnya sebagai peserta PBI yang iurannya dibayar oleh Pemerintah membuat banyak masyarakat mensyukuri karna sudah dihadiahi oleh Pemerintah.

“Bulan lalu saya dirujuk di rumah sakit Sumba Barat untuk menjalani Hemodialisa dalam seminggu dua kali dengan ditemani anak kedua, sayapun semangat menjalani perawatan dan pengobatan karna seluruh biaya ditanggung program JKN-KIS,”jelasnya.

Selain itu kata Ribka, ia sangat terbantu dengan adanya petugas BPJS satu di rumah sakit agar informasi yang belum kami ketahui bisa langsung kami tanyakan ke petugas tersebut tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan.

“BPJS satu ini siap membantu untuk mempermudah peserta JKN-KIS yang sedang berada di rumah sakit atau sedang melakukan pelayanan dirumah sakit untuk mendapat informasi seputar JKN-KIS serta memberika edukasi kepada peserta mengenai alur pelayanan kesehatan dan penanganan pengaduan,”terangnya.

Ribka sangat berterima kasih kepada pemerintah karna biaya Hemodialisa seluruhnya ditanggung program JKN-KIS karna sangat bermanfaat dan terbantu ketika mengalami sakit. Semoga Pemerintah terus fokus menjalankan program JKN-KIS ini.