Pemkot Tegal Paparkan Rencana Revitalisasi Kawasan Sungai Siwatu

Bagikan Artikel ini

Lapporan Frans Watu
Semarang, NTTOnlinenow.com – Bagai gadis desa nan elok, Kota Tegal terus berbenah, usai merancang revitalisasi Taman Pancasila yang saat ini tinggal menunggu Graund Breaking (Peletakan Batu Pertama) bersama PT. KAI. Kali ini Pemerintah Kota Tegal berencana menata kawasan permukiman kumuh di sepanjang bantaran Saluran / Sungai Siwatu yang berada di Kelurahan Tegalsari.

Hal itu dipaparkan Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, ST.MM di Balai Prasarana Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Semarang rabu (5/2/2020).

Dikatakan MJ bahwa paparan yang dilakukan pihaknya sebagai upaya Pemerintah Kota Tegal untuk menggandeng Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR agar dapat memperoleh bantuan dari World Bank sebagai pembiayaan Revitalisi kawasan kumuh Pesisir Barat Kota Tegal Segmen Siwatu.

Selanjutnya menurut Jumadi usai memaparkan rencana ini di KemenPUPR Kantor Wilayah Jawa Tengah, pihaknya akan melakukan paparan serupa di Kantor Pusat Kemen PUPR di Jakarta pekan depan. MJ berharap dengan rencana tersebut, kawasan pesisir barat Kota Tegal utamanya pada Segmen Siwatu Tegalsari tidak lagi menjadi kawasan kumuh, namun dapat menjadi salah satu kawasan yang terintegrasi antara Kolam Retensi dan Taman Tegalsari yang saat ini sudah ada.

Lokasi tersebut selain akan dilakukan revitalisasi bantaran Saluran /Sungai Siwatu juga akan ada Pembangunan Ruang Terbuka Hijau berupa taman yang dilengkapi dengan Pasar Apung (Floating Market) dalam satu kawasan.

“Kami berharap kedepan kawasan tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kota Tegal maupun luar kota untuk melepas penat dan berkreasi,”katanya.
Pemkot telah melakukan kajian dan perencanaan guna mempercantik Kota Tegal menjadi Kota yang mampu indah dan ramah lingkungan. Untuk itu MJ meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Tegal agar semua rencana pembangunan di Kota Tegal dapat diterima dengan baik.

Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah Ditjen Cipta Karya Kemen PUPR Endra Bekti Nusantara,ST. yang menerima rombongan Pemkot Tegal menyatakan dukungannya terhadap program yang direncanakan Pemkot Tegal.

Endra Bekti Nusantara,ST. meminta agar Pemkot Tegal menyiapkan secara matang segala dokumen serta kelengkapan yang dibutuhkan sebelum melakukan paparan di Kantor Kementerian PUPR di Jakarta. “Sajikan informasi dengan jelas, termasuk isu atau alasan utama kenapa kawasan tersebut harus dibangun serta dampaknya kedepan,”pesannya.