Peduli Kesehatan, Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Pendataan Stunting di Perbatasan Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Personel Pos Damar Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melakukan pendataan stunting warga desa binaan di Posyandu Dusun Aisik Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Gebrakan Satgas Yonif Raider 142/KJ dengan melakukan pendataan stunting di pos pelayanan terpadu Desa Silawan sebagai wujud kepedulian akan tumbuh kembang balita dan anak-anak di wilayah perbatasan Indonesia dengan Negara Timor Leste.

Kegiatan peduli sesama warga di perbatasan pada bidang kesehatan dipimpin langsung oleh Serda Doly Apandi selaku Wadanpos Damar bersama tiga personel lainnya.

Demikian Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin dalam keterangan pers yang diterima media, Senin (16/12/2019).

Kegiatan pendataan stunting dilaksanakan di Posyandu Dusun Aisik Desa Silawan mengingat jarak dari Posyandu ke Puskesmas cukup jauh kurang lebih 6 kilo meter. Kegiatan ini merupakan hasil koordinanasi dan kerjasama Satgas Yonif Raider 142/KJ bersama Bidan Desa yang berada di Dusun Aisik.

Masih menurut Ikshanudin, kegiatan pendataan stunting juga sebagai salah satu wujud kegiatan Pembinaan Teritorial Satuan Non Kewilayahan (Binter Satnonkowil).

“Kegiatan pendataan dilakukan berupa penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian vitamin A, imunisasi, untuk memastikan tumbuh kembang Balita dan anak-anak di desa binaannya,” ujar di.

Kegiatan tersebut dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran warga desa binaan akan pentingnya kesehatan dan asupan gizi yang cukup bagi anak-anak mereka selaku generasi muda dimasa yang akan datang.

“Sangat diperlukan sosialisasi program-program kesehatan melalui komunikasi, informasi dan edukasi yang dilakukan semua pihak sehingga terwujudnya kesehatan manusia dan lingkungan secara maksimal,” imbuh Ikhsanudin.

Margarito Dao selaku Kepala Dusun Aisik mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ beserta personel kesehatan yang telah berperan aktif di Dusun Aisik.

Mewakili warga Dusun Aisik disamapikan terima kasih kepada semua pihak, dan kami doakan semoga personel Satgas R 142/KJ senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di RI-RDTL.

Sementara itu, Pratu Bagus selaku Tamtama Kesehatan Pos Damar menyampaikan selain menjalankan tugas pokok menjaga keamanan di wilayah perbatasan selaku Satgas Yonif R 142/KJ juga memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan generasi penerus bangsa agar tumbuh dan berkembang secara sehat.