Audisi Bintang Radio RRI Atambua Diikuti Ratusan Anak Muda di Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Lembaga penyiaran publik (LPP) RRI Atambua menggelar audisi bintang Radio yang diikuti ratusan anak muda di wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Kegiatan audisi umum bintang Radio berlangsung di Plaza Pelayanan Publik Atambua, Kabupaten Sabtu malam (10/8/2019). Sebelumnya panitia audisi bintang radio RRI Atambua telah melakukan audisi di sekolah-sekolah.

Bintang Radio merupakan ajang pencarian bakat tarik suara yang dilaksanakan RRI di seluruh Indonesia dan menjadi agenda tahunan RRI. Audisi ini mendapat antusiasme dari ratusan anak muda yang telah antre sejak sore.

Menurut Kepala LPP RRI Atambua, Paulus Laiyan ajang Bintang Radio diselenggarakan RRI Atambua sebagai wadah pencarian bakat bernyanyi bagi kaum muda di Belu untuk menyalurkan bakatnya sehingga dapat berprestasi.

“jang bintang radio ini akan menyeleksi penyanyi terbaik yang akan mewakili Belu pada ajang Bintang Radio di tingkat Nasional dan akan bersaing dengan peserta dari seluruh Indonesia,” ujar dia.

RRI Atambua jelas Paulus memiliki jangkauan siaran Belu, Alor, Malaka dan TTU. Dia berharap ada peserta yang mewakili tiga daerah tersebut yang ikut tampil sebagai peserta bintang radio RRI tahun ini.

“Tahun sebelumnya pada tingkat nasional diwakili oleh peserta pria dan wanita asal Belu dan Malaka, meski tidak mencapai final namun diharapkan tahun ini peserta yang akan menjadi juara di Atambua merupakan yang terbaik dan bisa meroneh prestasi di tingkat nasional,” akhir Paulus.

Sementara itu panitia seksi lomba, Angky Mandolang mengungkapkan, peserta yang mengikuti audsi merupakan hasil seleksi di tiap sekolah seperti SMA Negeri 1 Atambua, SMAK surya Atambua, SMK Kusuma Atambua, SMA Negeri 2 Atambua serta yang medaftar secara umum.

Lanjut dia, setelah diseleksi dalam audisi, peserta yang berhasil lolos dan menjadi semi finalis bintang radio RRI Atambua sebanyak 24 orang 12 pria dan 12 wanita peserta ada yang berasal dari Kabupaten Malaka juga TTU.

“Kami sudah melakukan seleksi di tiap sekolah dan mereka sudah tampil diaudisi ini dengan baik, saya harap yang tidak lolos tahun ini dapat mengikuti di tahun depan,” ucap Mandolang.

Menurut juri Audisi Bintang Radio, Ance Waragao, peserta bintang radio RRI Atambua memilki kualitas suara yang baik namun banyak yang tidak menggunakan teknik suara yang benar saat bernyanyi.

Hal itu disebabkan minimnya ajang serupa yang diadakan di Atambua. Karenanya kaum muda yang memiliki bakat beryanyi harus terus mengasah kemampuannya dengan mengilkuti ajang sekelas bintang radio.

“Buat yang sudah lolos sebagai semi finalis dapat mempersiapkan diri dengan baik, karena ajang bintang radio ini sangat berkualitas banyak artis yang menjadi jobolan ajang bintang radio seperti Andmes, Marion Jolla dan Mario Klau. Saya harap dari Atambua ada yang bis ikuti jejak mereka,” pinta Waragao.

Setelah lolos di babak semi final peserta bintang Radio akan masuk babak final dan akan terpilih satu pria dan satu wanita sebagai perwakilan dari Atambua yang akan tampil pada ajang Bintang Radio Nasional di Kota Batu Malang nanti.