Filmon Lulupoy: Hasil UN SD Akan Diumumkan 19 Juni

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Hasil Ujian Nasional untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) akan diumkan pada 19 Juni 2019 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoy kepada wartawan, Senin (10/06/2019) di Kupang.

Filmon menjelaskan, kalau ujian SD memang pastinya semuanya lulus 100 persen, tetapi harus diperhatikan juga nilainya.

“Kami terus mendorong agar siswa-siswi SD sudah mulai dibekali dengan berbagai pengetahuan dasar agar lebih mudah dibentuk saat masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Filmin mengaku, untuk SD tentunya dinas juga mendorong agar saat pengumuman kelulusan dapat dilakukan di sekolah masing-masing, juga siswa-siswi datang mengenakan pakaian adat didampingi para orangtua.

“Jika hal ini terus menerus dilakukan, tentunya akan menjadi budaya yang baik di Kota Kupang, tidak ada lagi siswa yang turun ke jalan untuk mencoret pakaian seragam sekolah mereka sebagai bentuk perayaan kelulusan,” ungkapnya.

Filmon mengaku, sejauh ini memang siswa-siswi SD tidak ada yang turun ke jalan untuk merayakan kelulusan, karena memang masih dikategorikan anak-anak, tetapi hal ini harus terus dibimbing agar terus terbawa sampai mereka ada di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Jika sejak SD sudah kita arahkan untuk menjadi baik, taat aturan, dan karakternya sudah dibentuk secara baik, maka tentunya hal baik ini akan terus mereka bawa sampai SMP, SMA dan seterusnya,” terangnya.

Filmon mengaku, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga akan memberikan penghargaan kepada sekolah yang tertib dengan aturan terutama saat pengumuman kelulusan, jika semua anak tertib datang ke sekolah mengenakan pakaian adat dan merayakan kelulusan di sekolah, maka Dinas akan memberikan penghargaan.

Menurutnya, dengan penghargaan ini akan memacu semua sekolah agar lebih tertib dalam menerapkan sistem ini, jangan lagi ada anak yang turun ke jalan untuk merayakan kelulusan mereka.