Dewan Temukan Pendobelan Pencetakan e-KTP

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Kupang, menemukan adanya pendobelan e-KTP bagi warga di beberapa kelurahan.

” Dalam reses saya di beberapa kelurahan warga mengaku ada terjadi pendobelan pencetakan e-KTP,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalda Taek kepada wartawan di Kantor DPRD, Senin (28/1/2019).

Menurutnya, adanya pendobelan pencetakan e KTP ini yakni di Kelurahan Lasiana dan Oesapa.” Ini kelurahan yang yang terdekteksi, dan kemungkinan ada juga di kelurahan lain,” Ujarnya.

Untuk itu, terkait hal ini Ia meminta DispendukCapil dapat lebih cermat melihat hal tersebut. Karena soal pencetakan e KTP ini sudah masuk dalam sistim, dimana sudah ada tanda yang mengatakan pencetakan e KTP ini sudah pernah dicetak atau belum, sehingga tidak terjadi pendobelan.

“Apa bila terjadi pendobelan pencetakan e KTP, maka tentunya ada terjadi pendobelan uang negara untuk orang yang sama.Dan juga warga yang sedang antri untuk membuat e KTP ini tidak dapat terlayani, sebab adanya pendobelan pencetakan e KTP tersebut,” jelas Srikandi asal PKB tersebut.

Dia mengaku, pencetakan dobel e KTP ini dapat dilakukan jika e KTP yang dimiliki seseorang rusak, atau hilang dapat dipahami. Akan tetapi, tambahnya meraka yang mendapat pendobelan pencetakan e KTP ini baru mendapatkan di tahun 2018 dan ada lagi pendobelan pencetakan di tahun 2019.

“Memang tidak terlalu banyak, tapi bisa saja ada pendobelan di wilayah lain, yang mana jika kalkulasi bisa saja jumlah pencetakan dobel e KTP bisa banyak,” tuturnya.