Wabah DBD, Anggota Brimob Bantu Evakuasi Pasien ke RSUD Mabar

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Anggota Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo membantu mengevakuasi pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) dari Puskesmas Kota Labuan Bajo yang dirujuk ke RSUD Pratama Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abraham Abast sampaikan ini kepada NTTOnline di Kupang, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Jules, bantuan dari anggota Brimob ini menyusul banyaknya pasien DBD yang harus segera mendapatkan pertolongan medis, akibat keterbatasan fasilitas kesehatan di Puskesmas, sementara pasien membutuhkan penanganan lebih cepat.

“Kemarin, Jumat (18/1/2019), dengan menggunakan kendaraan dinas, anggota Brimob membantu evakuasi sebanyak lima (5) pasien DBD ke RSUD Manggarai Barat,” ungkap Jules.

Jules menyebutkan, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan oleh anggota Brimob Polri itu dipimpin langsung oleh Danki Brimob Kompi 4 Yon B Labuan Bajo, Iptu Raimundo De Jesus.

Bekas Kapolres Manggarai Barat ini mengatakan, meningkatnya kasus penyakit DBD di Manggarai Barat cukup mengkhawatirkan, yang mana tercatat kurang lebih 1000 orang telah dirawat di RSUD Mabar dan korban meninggal dunia tercatat sebanyak 19 orang.

“Atas peristiwa ini, pemerintah setempat telah menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB), sehingga membutuhkan semua elemen untuk bahu membahu membantu melakukan penanganan, salah satunya yang dilakukan oleh anggota Brimob Kompi 4 Yon B Labuan Bajo,” tandas Jules.