Program TMMD Meringankan dan Mensejahterakan Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Malaka, NTTOnlinenow.com – Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) dapat meringankan serta mensejahterakan masyarakat di sekitarnya. Selain itu sekaligus juga menanamkan ketahanan nasional pada masyarakat, sebab dengan masyarakat hidup sejahtera tentunya kehidupan masyarakat tidak akan berpengaruh terhadap pengaruh dari luar.

Demikian Pati Staf Khusus Kasad Mayjen TNI Ainurrahman dalam sambutan saat meninjau pelaksanan program TMMD ke-103 gelombang II TA 2018 di wilayah Kodim 1605/Belu di Desa Kletek dan Suai, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Kamis (6/12).

Jelas dia, maksud dari kunjungan tim guna melihat sejauh mana perubahan dari hasil pengerjaan TMMD inidan apakah ada dampaknya teekait hasil apakah masyarakat senang atau tidak dan apa hambatannya.

“Program TMMD ini terbatas hanya di 50 lokasi di seluruh Indonesia yang tahap pelaksanaanya secara serentak dan salah satu dari 50 lokasi TMMD tersebut berada di Kabupaten Malaka,” urai Ainurrahman.

Menurut dia, terkait dengan perubahan sasaran dan lokasi TMMD tidak masalah karena hasil dari pelaksanaan
TMMD ini adalah untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Selain itu manfaat dari hasil TMMD ini untuk ketahanan negara Indonesia.

“Tindak lanjut dari TMMD ini adalah harus tetap dan terus di lakukan pengawasan pemeliharaan karna memang kalau melihat dari kondisi wilayah NTT adalah kebutuhan akan air bersih yang sangat minim sekali,” ujar Ainurrahman selaku Ketua Tim Wasev Mabesad TNI AD.

Dia berpesan kepada para Danramil yang wilayahnya menjadi kegiatan TMMD agar mengoptimalkan para Babinsa untuk terus melakukan pemantuan dengan bekerjasama dengan aparat Pemerintah setempat sehingga apa yang di kerjakan ini tidak sia-sia begitu saja.

Sementara itu Sekda Malaka Donatus Bere mengatakan, masyarakat Kabupaten Malaka khususnya di Desa Kletek dan Suai harus bangga karena hari ini mendapat suatu kehormatan yang sangat luar biasa atas kunjungan dari tim Wasev Mabesad.

“Atas nama Bupati Malaka, kami menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada TNI atas pelaksanaan program TMMD di Kabupaten malaka, terutama kepada Dandim Belu yang telah membantu dalam setiap proses pengerjaan TMMD ini mulai dari awal hingga selesai,” ucap dia.

Bere menuturkan, harapan besar masyarakat Kabupaten Malaka agar program ini terus dilanjutkan di wilayah lain dalam Kabupaten Malaka. Sebab masih banyak masyarakat di Malaka yang membutuhkan bantuan dari TNI berupa program TMMD.

Terkait perubahan lokasi TMMD jelas Bere, dikarenakan atas penentuan dan permintaan dari Bupati Malaka dan perubahan sasaran ini sangat tepat sekali karena memang kebutuhan akan air bersih di dua Desa ini sangat di harapkan sekali.

“Mudah-mudahan impian dari dua masyarakat di Desa ini dan seluruh masyarakat Kabupaten Malaka mengenai program TMMD ini boleh terus dilanjutkan di Kabupaten Malaka,” pinta Bere.

Giat yang berlangsung di Kantor Desa Kletek itu dihadiri, Pabandya-1/Opsbak
Spaban V/Bakti TNI Sterad Letkol Czi Sri Rusyono, Dandim 1605/Belu Letkol Czi I Gusti Putu Dwika, Pasi Intel Kodim 1605/Belu, Asisten I Kabupaten Malaka, Para Danramil di wilayah Malaka, Kapolsek Malaka Tengah, Camat Malaka Tengah, Kepala Desa Kletek Dan Kepala Desa Suai serta masyarakat kedua Desa.