TMMD Ke 101 Kodim 1611/Badung, Ayo Bekerja, Bekerja, Bekerja

Bagikan Artikel ini

Badung, NTTOnlinenow.com – Kerja, kerja dan kerja itulah ungkapan Prajurit Satgas TMMD Ke 101 Kodim 1611/Badung di Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung. Bagaimana tidak bekerja, sudah memasuki hari Ke 21 Selasa (24/4/2018) mereka melaksanakan pembangunan rabat, senderan, paping, saluran renase dan buat rumah layak huni.

Selama 30 hari mereka berkutat di lapangan mulai pagi sampai sore. Pagi hari karena merasa bertanggung jawab numpang tinggal di rumah penduduk mereka harus menyapu, sebelum makan pagi baru berangkat kerja. Kadang pulang kerja bila ada waktu mereka masih sempat untuk jalan-jalan di sekitar lingkungan Desa Pangsan.

Malam harinya juga mereka melakukan kegiatan Komsos (komunikasi sosial) dengan masyarakat saling bertukar pengalaman seperti pada anak-anak muda bagaimana mempersiapkan diri menjadi seorang Prajurit, mulai dari fisik, mental dan pengetahuan.

Seperti apa yang diungkapkan oleh Serda Gigih yang merupakan Prajurit TNI AL dari satuan Lanal Denpasar meceritakan pengalaman mmenariknya.

“Saya baru pertama kali ikut TMMD, saya senang bisa mengenal masyarakat disini, adat istiadat, perekonomian atau kehidupan masyarakat disini sangat membantu saya, seperti memasakan makanan, menyediakan tempat istirahat dan yang terpenting penduduknya sangat ramah,” sebutnya.

Sementara Pasiterdim 1611/Badung Kapten I Wayan Suara mengatakan, Tentara itu bukan berperang saja, sebagai prajurit di samping ahli perang juga harus mampu melaksanakan pembinaan teritorial (Binter).

Binter itu dapat dilaksanakan dengan Komsos dan mengingat sistem pertahanan kita sistem pertahanan semesta, dengan demikian melibatkan partisipasi seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah.

“Semua harus diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, berkesinambungan dan berkelanjutan untuk menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melindungi keselamatan segenap bangsa dari setiap ancaman”, tegasnya. Penrem 163 WS