11 Puskesmas Di Kota Kupang Bakal Diakreditasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinow.com – Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Kupang berencana diakreditasi. Rencana itu diawali dengan Workshop Penggalangan Komitmen akreditasi Puskesmas se-Kota Kupang yang berlangsung di Aula Sasando Lantai III Balai Kota Kupang, Selasa (17/04/2018).

Kegiatan workshop itu dibuka langsung oleh Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man. Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ary Wijana, hadir pula 51 lurah dan camat.

Wakil Walikota, Hermanus Man dalam sambutannya dalam kegiatan workshop mengatakan, Adapun manfaat akreditasi puskesmas dibagi menjadi 3 bagian yaitu Manfaat bagi Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kota.

Selain itu, sebagai wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen risiko.
Memberikan keunggulan kompetitif, menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan pada staf, meningkatkan pengelolaan risiko, membangun dan meningkatkan kerja tim antar staf, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian dan konsistensi dalam bekerja.

Selain itu juga, meningkatkan keamanan dalam manfaat bagi masyarakat atau pelanggan (pengguna jasa). Memperkuat kepercayaan masyarakat. Adanya jaminan kualitas pelayanan Bagi BPJS kesehatan Sebagai syarat recredensialing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

“Sebetulnya perlu kita fahami bersama bahwa inti daripada akreditasi adalah upaya bersama dalam peningkatan mutu Puskesmas dan peningkatan kapasitas pegawai puskesmas yang bermuara pada perbaikan pelayanan kepada pelanggan,” katanya.

Ia mengaku, masalah pelayanan kesehatan sudah menjadi prioritas Pemerintah Kota Kupang. Untuk itu berbagi upaya akan dilakukan untuk membenahi pelayanan.

Kepala Dinkes Kota Kupang, Ari Wijaya dalam sambutannya mengatakan, tujuan Whorkshop tersebut untuk mendukung kemudahan akselerasi dalam pencapaian akreditasi 11 puskesmas di kota kupang tahun 2018.

“Juga menjamin kesinambungan ketersediaan sumber daya puskesmas sesuai standar dalam menjamin mutu pelayanan,” Kata Ari,

Selain itu, Kata Ari, Memastikan kesinambungan ketersediaan dan operasional dan pemeliharaan sarana prasarana serta peralatan puskesmas termasuk alokasi dana kalibrasi alat secara berkalla.

Juga, lajut Ari, Melakukan peningkatan kompetensi tenaga puskesmas serta Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja puskesmas di wilayah kerjanya secara berkala dan berkesinambungan.

“Dan Mengeluarkan regulasi yang bertujuan memfasilitasi untuk meningkatkann akses dan mutu pelayanan,” Ujar Ari.