Anggota TNI di Perbatasan Belu Harus Ramah Kepada Warga

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Anggota TNI yang melaksanakan tugas di daerah perbatasan harus dapat membantu masyarakat terutama yang ada di pos-pos perbatasan Belu dan negara Timor Leste.

“Laksanakan tugas dengan baik dan tegas, tetapi harus ramah kepada masyarakat karena yang kita hadapi adalah saudara kita sendiri, bukan musuh,” pesan Danbrigif 12/Komodo Letkol Inf. Umar saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belu, Kamis (15/2/2018).

Menurut dia, ini merupakan kunjungan kali pertamanya saat menjabat sebagai Danbrigif 21/Komodo pasca dilantik beberapa waktu lalu. Kunjungan dimaksud untuk meninjau secara langsung aktivitas anggota yang tengah menjalankan tugas pengamanan di wilayah perbatasan.

“Sejak dilantik, ini serangkaian kerja dan kali pertama mengunjungi perbatasan. Saat ini Satgasnya dari salah satu Batalyon Brigif 21/Komodo. Saya melihat, meninjau berkomunikasi dengan para anggota yang bertugas,” ujar dia kepada media.

Letkol Umar mengaku, baru meninjau satu pos di perbatasan yakni pos Satgas Mota’ain di pintu perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Direncanakan akan mengunjungi dan meninjau semua anggota yang ada di pos-pos perbatasan di wilayah perbatasan Kabupaten Belu.

“Baru satu pos yang saya kunjungi yakni pos Mota’ain, belum sempat tinjau semuanya dan mungkin kedepan akan saya tinjau semua. Saya kira tidak ada bedanya dengan Satgas sebelumnya atau lainnya, yang punya sektor sendiri yang harus diawasi dan dikomunikasikan dengan pasukan negara tetangga Timor Leste,” ucap Letkol Umar.

Turut mendampingi Danbrigif Letkol Umar saat meninjau anggota di Pos Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif Inf 743/PSY, Mayor Putu Tangkas Wiratwan, Danyon Raidersus 744/SYB Mayor Inf Bima Santosa.

Usai meninjau dan melihat aktivitas anggota, Danbrigif Letkol Umar juga mengunjungi
Mako Satgas RI-RDTL Sektor Timur di Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu perbatasan RI-Timor Leste.