Pemkot Ajukan Dua Ranperda Dalam Sidang I DPRD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang kembali mengajukan dua rancangan peraturan (Ranperda) dalam sidang I DPRD Kota Kupang Kota Kupang yang telah digelar sejak Senin (12/2/18) lalu.

Kedua ranperda usulan pemerintah untuk dibahas bersama DPRD adalah ranperda tentang retribusi pelayanan tera ulang, dan ranperda RPJMD tahun 2017-2022.

Sekda Kota Kupang, Bernadu Benu kepada wartawan di gedung DPRD kota kupang, Kamis (15/2/18) mengatakan, penyusunan ranperda tentang RPJMD daerah Kota kupang merupakan delegasi dari UU Nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintah daerah yang mana menyebutkan bahwa RPJMD paling lama enam bulan setelah Walikota terpilih dan dilantik.

“RPJMD merupakan penjabaran dari visi misi dan program walikota yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu lima tahun,” kata Benu.

Sementara menyangkut ranperda tera ulang, kata Benu, merupakan upaya pelayanan Tera/Tèra ulang yang pelayanannya dialihkan dari pemerintah provinsi kepada pemerintah Kota Kupang, sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 23 tentang pemerintah daerah.