Pemkot Dan Pemkab Kupang Sepakati Kerjasama Pelayanan Air Bersih

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang dan pihak pemerintah Kabupaten Kupang, akhirnya sepakat menandatangani Nota Kesepahaman pelayanan air bersih di Kota Kupang. Penandatangan Nota Kesepahaman itu dilakukan oleh Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, bersama Bupati Kupang, Ayub Titu Eki, di Kantor Bupati Kupang, Jumat (20/10/2017).

Hadir sebagai saksi dalam penandatangan nota Kesepahaman, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskial Loudoe, bersama Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yoseph Lede.

Penandatanganan Nota Kesepahaman itu juga dihadiri Direktur PDAM Kabupaten Kupang, Johanis Oetemusu, dan Direktur PDAM Kota Kupang, Romi Seran. Hadir pula sejumlah pimpinan OPD dilingkup pemerintah Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang.

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore mengaku sangat senang penandatanganan nota kesepahaman bisa terjadi, karena pemerintah Kota Kupang memang butuh pemerintah Kabupaten Kupang, khususnya pihak PDAM kabupaten Kupang dalam membantu krisis air bersih yang terjadi di Kota Kupang.

“Dengan keterbatasan yang ada, kami butuh bantuan dari pemerintah Kabupaten Kupang lewat PDAM untuk membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih,” Kata Jefri.

Menurutnya, dalam kerjasama ini, pemerintah Kota Kupang hanya mengharapkan bantuan pelayanan dari pihak PDAM untuk perluasan jaringan di Kota Kupang, dan pemerintah Kota Kupang tidak mengharapkan keuntungan dari kerjasama tersebut, karena untuk melayani kebutuhan warga Kota Kupang, pemerintah mengesampingkan keuntungan maupun PAD.

Bahkan Walikota mengaku pemerintah Kota Kupang akan menyiapkan anggaran tambahan, jikalau dalam kerjasama ini, butuh intervensi anggaran tambahan.

Baca juga : Walikota dan Bupati Kupang, Sepakati Jadwal Penandatanganan MoU Pelayanan Air Bersih

“Demi kerjasama ini kami membuang segala ego kami dan kami percaya apa yang dibuat untuk membantu masyarakat. Sebagai adik saya perlu merendahkan diri untuk bertemu kakak saya Bupati Ayub Titu Eki untuk membantu kami melayani masyarakat Kota Kupang untuk air bersih, ini langkah awal yang baik. Kita tidak mencari keuntungan tapi semua demi rakyat Kota Kupang,” Kata Walikota.

Sementara itu, Bupati Kupang Ayub Titu Eki Dalam sambutannya mengaku, sangat senang dengan kerjasama antara Pemkot Kupang dan Kabupaten Kupang. Menurutnya, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang punya ikatan emosional karena Kota Kupang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kupang, sehingga pihak pemkab sangan senang bisa membantu.

“Kerjasama ini langkah yang baik dan kami siap membantu masyarakat Kota Kupang. Pada kesempatan ini Saya juga minta maaaf kepada masyarakat akibat pelayanan yang tertunda,” Katanya

Dikatakan, untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat Kota Kupang, pihaknya akan memanfaatkan sejumlah stok sumber air yang tidak terpakai untuk dipakai melayani, apalagi stok sumber masih tersisa cukup banyak, sehingga jika semua dimaksimalkan maka kebutuhan masyarakat Kota Kupang akan air bersih bisa terpenuhi.

Bupati Ayub juga meminta agar penandatanganan kesepahaman harus ditindaklanjuti secepat mungkin dengan perjanjian kerjasama antara pihak PDAM Kabupaten Kupang, dan PDAM Kota Kupang, hal itu dimaksudkan agar kerjasama bisa segera diwujutkan dengan aksi nyata,

“Saya harap paling lambat dua minggu setelah penandatanganan nota kesepahaman, perjanjian kerjsasama bisa diwujutkan, dan kerjasama sudah harus berjalan,” harap Bupati.