Terkait Lanjutan Sidang III, Wakil Walikota Temui Ketua DPRD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Terkait persiapan pelaksanaan lanjutan sidang III DPRD Kota Kupang, Pemerintah Kota Kupang dalam hal ini, Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man menemui DPRD Kota Kupang, pada Senin (9/10/2017). Alasan Wakil Walikota menemui DPRD karena pihak DPRD sudah menyurati pemerintah soal kelanjutan sidang yang dijadwalkan pada 16 Oktober mendatang, namun masih ada kendala yang perlu dibicarakan bersama.

Hermanus Man, usai melakukan pertemuan bersama Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, kepada wartawan mengatakan, sesuai surat yang diterima Pemerintah Kota Kupang, jadwal pelaksanaan sidang III pada tanggal 16 Oktober 2017, namun belum diketahui angka besaran Dana Alokasi Kusus DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Maka pemerintah kota melakukan pendekatan secara lisan lebih dahulu melalui pertemuan bersama Ketua DPRD kota untuk menyampaikan hal tersebut, dan kemudian disusul secara tertulis melalui surat.

“Kedatang saya untuk temui Ketua DPRD ini, dalam rangka menjawab surat yang telah disampaikan lembaga DPRD melalui Sekretariat DPRD soal pelaksanaan sidang kepada kami, karena yang kami buat saat ini berdasarkan APBD murni tahun 2018,” katanya.

Baca juga : 2018, Pemkot Alokasikan 24 Persen Dari Total APBD Untuk Sektor Pendidikan

Ia mejelaskan, dalam pertemuan bersama ketua DPRD ini, alasan pertama yang disampaikan secara lisan yakni soal alokasi dana DAK dan DAU yang hingga saat belum ada angka pastinya. Sehingga jika sidang dilaksanakan sesuai jadwal yang dimaksud, tentunya belum ada dokumen yang pasti soal DAK dan DAU, karena pastinya besaran angka DAK dan DAU baru bisa di ketahui bulan Oktober nantinya.

Hal lain, tambahnya, soal RPMJD, dimana harus enam bulan setelah dilantik, dan minimal Perwali tiga bulan. Namun dihitung sejak dilantik pastinya Perwalinya belum bisa dilakukan, sehingga diperkirakan sekitar akhir Oktober sudah ada Perwalinya yang menjadi dasar dalam penyusunan APBD nantinya, sambil menanti RPMJD.

“Sidang III yang akan diselenggarakan, terpenting adalah DAK dan DAU, maka itu saya datang untuk konsultasi dengan pimpinan DPRD, dengan alasan-alasan yang sudah saya sampaikan,” tutupnya.