Ratusan Mahasiswa Undana Hadiri Kuliah Umum Ketua KPU RI

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kuliah umum ketua KPU RI, Arief Budiman di Kampus Pasca Sarjana Universitas Nusa Cendans Kupang dihadiri kurang lebih 200 Mahasiswa Pasca Sarjana Undana. Kuliah umum yg dimulai pukul 16.00 Wita dihadiri juga Direktur Pasca Sarjana Prof.Dr. Alo Liliweri, Asdir 1 Prof. Dr. Jimmy Pello dan Ketua KPU NTT Maryanti H. Luturmas Adoe.

Dengan mengangkat tema “Roadmap Persiapan KPU menuju pesta demokrasi 2018 dan 2019 ketua KPU RI” Arif Budiman mengatakan, KPU disemua tingkatan telah siap menyelenggarakan pemilihan serentak tahun 2018 di 171 daerah yang terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten dan untuk Pemilihan Tahun 2019 yang merupakan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Menurut Arief Budiman, dengan bekal pengalaman selama ini KPU sangat siap untuk menyelenggarakan Pemilu 2018 dan 2019. Kesiapan itu dapat dilihat dari perangkat yang disiapkan seperti regulasi berupa Peraturan- Peraturan KPU sebagai dasar pijak penyelenggaraan selain Undang- Undang.

KPU telah menyiapkan aturan untuk pemilihan serentak 2018 dan untuk pemilu 2019, KPU juga sedang menyiapkan regulasi sekalipun saat ini UU No 7 Tahun 2017 tantang Pemilihan Umum sedang menanti uji materil. Dalam hal SDM, KPU telah menyiapkan SDM di setiap tingkatan dengan berbagai pelatihan dan aplikasi yang memudahkan.

Baca juga : PAPRI Angkat Kesenian Musik dan Budaya Belu

“Contoh saat ini adalah sistem informasi data pemilih (Sidalih), sebuah aplikasi yang memudahkan setiap orang mengakses informasi terkait data Pemilih. Dan masih ada sistem aplikasi lain yang memudahkan penyelenggara untuk melaksanakan tugas secara baik,” katanya.

Dihadapan ratusan mahasiswa, Ketua KPU RI Arif Budiman mengharapkan agar mahasiswa ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu 2018 dan 2019. Kuliah umum yang berlangsung 2 jam itu menarik perhatian para mahasiswa dan berlangsung dinamis.

Direktur pasca sarjana Prof. Alo Liliweri menyampaikan terima kasih kepada Ketua KPU RI yang berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum. Kuliah umum ini juga terlaksana atas kerjasama Mahasiswa S2 Program Tata Kelola Pemilu Undana dgn Program Pasca Sarjana Undana.