Siswa SMA PGRI Dibekali Wawasan Kebangsaan Oleh Dandim 1601 Sumba Timur

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1601 Sumba Timur, Letkol Inf. Zainuddin melakukan pembinaan wawasan kebangsaan kepada Siswa/Siswi Senin (28/8/2017) bertempat di Aula SMA PGRI Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Turut hadir Komandan Kodim 1601 Sumba Timur, Danramil 1601-05/kota dan anggota, seluruh para guru SMA PGRI beserta Siswa/siswi dan sebagai nara sumber dalam pembinaan pengawasan kebangsaan Letkol Inf. Zainuddin.

Dalam sambutannya Zainuddin menyampaikan, perlunya pembinaan wawasan kebangsaan terhadap siswa/siswi sebagai bentuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa karna saat ini rasa nasionalisme masyarakat saat ini sudah tidak mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sehingga perlu dilakukan penanaman dan pemahaman terhadap generasi penerus bangsa ini.

“Kita harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, kita harus menjaga persatuan dan persaudaraan diantara kita dengan cara saling bersikap sopan santun, saling menghormati dan toleransi,”kata Zainuddin.

Baca juga : Buaya Kembali Muncul di Sungai Wangga

Zainuddin dalam penyampaian materinya kepada sejumlah siswa/siswi mengatakan, pembinaan wawasan kebangsaan bertujuan untuk menanamkan jiwa patriolisme, nasionalisme dan berjiwa pancasila dan cinta tanah air.

“Pembinaan wawasan kebangsaan bagi adik-adik pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa patriolisme, nasionalisme dan berjiwa pansasila dengan mencintai tanah air yang sudah mulai pudar di kalangan generasi muda,”tandasnya.

Zainuddin berharap, dengan pembinaan wawasan kebangsaan para pelajar menjadi tunas generasi muda penerus bangsa dapat memahami makna dari ajaran pancasila yang merupakan ideologi bangsa yang tidak bisa diganti dengan ideologi lain.

“Materi ini perlu kita berikan kepada pelajar sebagai bentuk penguatan mental dan fisik yang menjadi kekuatan dalam membangun generasi muda yang berjiwa patriolisme, nasionalis dan pancasila,” harapnya