PLN Bedah 17 Rumah Veteran di NTT Sebagai Balas Jasa Pahlawan

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – PLN melakukan Bedah Rumah Veteran (BRV). Melalui program PLN Peduli, sebanyak 17 rumah veteran di Nusa Tengara Timur (NTT) mendapat bantuan bedah rumah.

Acara penyerahan rumah veteran dilakukan oleh Dewan Komisaris PLN Budiman dan Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali di rumah veteran Agustinus. Turut hadir dalam acara tersebut Dandim XVI/Belu Letkol CZI Nurdihin.

“Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan penghargaan pada para pahlawan atas jasa-jasanya memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa,” kata Direktur Human Capital Managemen, Muhamad Ali melalui rilis Humas PLN yang diterima media ini di Kupang, Senin (21/8/2017).

Menurut Ali, tiap rumah yang dibedah menghabiskan biaya kurang lebih Rp 70 juta, lengkap dengan perabot rumah tangga. Lima rumah telah selesai pengerjaannya sedangkan lainnya akan segera diselesaikan pada akhir tahun 2017.

Dalam pelaksanaan program BRV ini, PLN bekerjasama dengan Korem 161 Wirasakti Kupang dalam hal mendata veteran yang akan menerima dan pembangunan rumah BRV.

“Jumlah rumah veteran yang dibedah oleh PLN mencapai 17 unit dimana 3 rumah lokasinya di Kupang dan 14 rumah lainnya di Atambua. Namun, karena kondisinya yang sudah tidak terlalu baik, maka rumah-rumah itu bukan dibedah, melainkan dibangun ulang,” katanya.

Ali menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi PLN atas jasa para pejuang dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dandim XVI/Belu Letkol CZI Nurdihin mengatakan bahwa ini merupakan bukti nyata kerjasama antara PLN dengan Korem untuk turut serta masyarakat khususnya para veteran.

Baca juga :

Pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta kontribusi nyata pada masyarakat.

Dengan demikian, para veteran maupun pemangku kepentingan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam kontribusi pada masyarakat sekitar.

“Selama ini saya tidak pernah menerima bantuan apapun. Sekarang saya mendapat bantuan rumah beserta perabotnya dari PLN. Saya sangat senang sekali, kami doakan yang terbaik bagi PLN” ungkap Anastasia Bui, istri veteran yang menerima bantuan program BRV. Suaminya yang seorang veteran telah meninggal pada tahun 2010.

Pelaksanaan program BRV sudah dilakukan sejak 2015. Tahun 2015 PLN telah merealisasikan 45 unit rumah di Provinsi Kalimantan Selatan, pada 2016 PLN telah merenovasi sebanyak 71 unit rumah di Provinsi DKI Jakarta. Sedangkan di tahun 2017 ini PLN akan merealisasikan bedah rumah sebanyak 17 unit rumah di NTT, 26 unit rumah di Papua dan 30 unit rumah di Papua Barat.

Sampai dengan 2016, di 34 provinsi telah diselesaikan sebanyak 2.433 rumah dari target yang disampaikan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia dan TNI yaitu sebanyak 4.077 rumah. Adapun data rumah yang tersisa dan akan diselesaikan di Tahun 2017 adalah sebanyak 1.644 rumah di 23 provinsi.