Dandim 1618/TTU Dampingi Satgas PCS

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Rencana cetak sawah baru seluas 375 Hektare di wilayah Kodim 1618/TTU, berlokasi di Desa Popnam Kecamatan Noemuti Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Dandim 1618/TTU Letkol. Inf. Yudi Gumilar, S.Pd mengatakan untuk cetak sawah baru perlu dipersiapkan kegiatan Survey Investigation Design (SID) terlebih dahulu, barulah dilanjutkan dengan tahapan cetak sawah baru.

“Sebelum ada kegiatan cetak sawah baru, terlebih dahulu perlu dilakukan survey”, kata Letkol Gumilar.

Iapun mengatakan, untuk kabupaten TTU jatah lokasi cetak sawah baru seluas 375 hektare tersebar di tiga tempat dan semuanya harus melalui SID. “Kabupaten TTU mendapatkan jatah lokasi cetak sawah baru seluas 375 yang tersebar di tiga tempat diantaranya di kecamatan Noemuti seluas 90 hektare, kecamatan Bikomi Selatan seluas 168 hektare dan kecamatan Insana seluas 117 hektare. Dan semuanya akan melalui SID sebelum masuk ke tahap cetak sawah baru”, sambung Letkol Gumilar.

Sebagian pekerjaan yang sudah dilaksanakan, pada tahap Land Clearing seluas 360,5 hektare (96 %), tahap Land Leveling seluas 79 hektare (21%), tahap pengolahan seluas 9,4 hektare di Popnam dan 3,8 di Bikomi Selatan. Sementara di desa Popnam sudah siap pembibitan untuk penanaman seluas 6 hektare dengan menggunakan bibit padi Impari 10 bantuan dari BPTP Kupang.

Dalam kegiatan survey lokasi cetak sawah baru pada Rabu, 03/08/2016, desa Popnam dikunjungi Satgas Percepatan Cetak Sawah (Satgas PCS) dari Staf Teritorial Angkatan Darat (STERAD) yang dipimpin oleh Kolonel.Inf. Sudrajat.P di lokasi Cetak sawah kelompok Tani Ijaufukan, bersama sejumlah anggota diantaranya, Kolonel Inf. Sudrajat. P (Tim Satgas PCS), Kolonel Arh. Heru. S (Tim PCS), Kapten Czi. Imanuel Fernandes (Kaur Tuud Denzibang I IX/Udy), Hendra (Staf Dirjen Percepatan Sarana Prasarana Kementrian Pertanian), Adit (Staf Dirjen Percepatan Sarana Prasarana Kementrian Pertanian).

Rombongan Tim Satgas PCS yang didampingi Dandim 1618/TTU Letkol.Inf. Yudi Gumilar, S.Pd. diterima Ketua Kelompok Tani Yakobus Monis beserta anggota kelompok tani sebanyak 20 orang, Danramil 1618-01/Kota Mayor. Inf. Tantan. S dan Babinsa, Sertu. Francico Monteiro.

Hingga berita ini diturunkan, luas Lokasi Cetak sawah kelompok Tani Ijaufukan sudah sampai penggemburan dan pembajakan tanah dan direncanakan pada tanggal 25 Agustus 2016 akan dimulai proses penanaman.